Setara: Masa Depan KPK Bergantung Dewan Pengawas

Setara: Masa Depan KPK Bergantung Dewan Pengawas
Ilustrasi KPK. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / YUD Senin, 16 September 2019 | 10:07 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setara Institute menilai masa depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bergantung pada Dewan Pengawas yang nanti akan dibentuk. Jika Dewan Pengawas mengurusi banyak hal, termasuk mekanisme penyadapan maka masa depan KPK akan suram.

"Kuncinya ada pada Dewan Pengawas yang akan ditentukan oleh Presiden. Apakah orang-orang yang komit terhadap pemberantasan korupsi sepenuhnya atau gampang diintervensi kepentingan politik," kata Wakil Ketua Setara Institute Bonar Tigor Naipospos di Jakarta, Senin (16/9/2019).

Ia menjelaskan independensi KPK saat ini memang sedang dipertaruhkan. Bahkan ada yang pesimistis dan suram melihat KPK ke depan. Namun semua itu harus dijawab oleh pimpinan KPK yang terpilih.

"Pernyataan tiga pimpinan KPK pekan lalu yang menyerahkan mandat ke presiden merefleksikan kekecewaan mereka terhadap dinamika eksternal yang tidak sesuai dengan keinginan mereka. Apa yang mereka lakukan adalah mengembalikan tugas atau mandat mereka kepada Presiden sebagai kepala negara bukan sebagai kepala pemerintahan atau eksekutif," ujar Tigor.

Dia menegaskan Presiden bisa saja melakukan intervensi sebagai kepala negara. Tapi implikasinya Presiden berhadapan dengan sekutu politik atau koalisi yang mendukungnya.

"Surat Surat Presiden (Supres) yang dikirim ke DPR kemarin adalah suatu bentuk jalan tengah. Itu mencoba mengakomodir tuntutan politisi DPR tapi juga tidak melemahkan KPK," tutup Tigor.



Sumber: Suara Pembaruan