Alex Sebut Wajar Pimpinan Baru KPK Diragukan

Alex Sebut Wajar Pimpinan Baru KPK Diragukan
Calon Pimpinan KPK Alexander Marwata saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Aichi Halik / AHL Senin, 16 September 2019 | 20:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 Alexander Marwata (Alex) menanggapi santai penolakan masyarakat terhadap lima pimpinan baru KPK.

Menurut Alex, setiap usai pemilihan, pimpinan KPK bakal diragukan. Namun dia berharap keraguan masyarakat akan memicu kinerja KPK jilid kelima.

"Rasa-rasanya setiap pemilihan pimpinan KPK setiap periode itu selalu diragukan oleh masyarakat, tetapi enggak apa-apa nanti kita lihat kinerjanya ke depan, yang kita lihat kinerjanya bukan pada saat sekarang ini. Diragukan itu bagus sebagai bentuk perhatian dari masyarakat," kata Alex di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).

Alex, yang merupakan petahana mengatakan, pada pertama kali terpilih juga dirinya diragukan.

"Saya pengen cerita aja kan. Dulu ketika saya dipilih bersama empat pimpinan yang lain, yang jilid empat, itu kan masyarakat juga meragukan," ucap Alex.

Soal penolakan dari unsur pegawai KPK, Alex mengutip pernyataan Ketua KPK Agus Rahardjo bahwa pegawai diminta untuk menerima pimpinan baru KPK apa adanya.

"Tadi pak Agus pada saat pelantikan sekjen dan direktur penuntutan sudah menyampaikan kepada pegawai KPK bahwa pimpinan KPK jilid kelima sudah terpilih lewat fit dan proper test dan tinggal menunggu pelantikan presiden, harus kita terima apa pun itu," ujar Alex.

DPR RI telah menyetujui laporan pemilihan pimpinan KPK 2019-2023. Lima nama yang telah dipilih Komisi Hukum adalah Ketua Irjen Firli Bahuri, Wakil Ketua Nawawi Pomolango, Lili Pintauli Siregar, Alexander Marwata, dan Nurul Gufron.



Sumber: BeritaSatu TV