Yasonna Melantik Majelis Pengawas Pusat Notaris

Yasonna Melantik Majelis Pengawas Pusat Notaris
Menkumham Yasonna Laoly menyampaikan pandangan akhir pemerintah terhadap revisi Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 17 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan/Joanito De Saojoao )
Ahmad Salman / AIS Selasa, 17 September 2019 | 18:48 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly melantik Majelis Pengawas Pusat Notaris (MPPN) dan Majelis Kehormatan Notaris Pusat (MKNP) periode 2019-2022.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kedua majelis ini dilaksanakan di Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Selasa (17/9/2019).

Yasonna menjelaskan tugas dari MPPN adalah untuk mengawasi para notaris agar bekerja sesuai ketentuan undang-undang dan kode etik. Sedangkan MKNP bertugas memutuskan, apakah suatu pengaduan terhadap profesi notaris bisa diteruskan ke aparat penegak hukum atau tidak.

Dalam sambutannya Yasonna juga mengatakan tanggung jawab pembinaan dan perlindungan terhadap notaris sangat berat. Apalagi saat ini jumlah notaris di Indonesia mencapai lebih dari 17 ribu notaris, dengan pembuatan akta mencapai hingga lima juta akta dalam satu tahun.



Sumber: BeritaSatu TV