Alex: Pegawai Jadi ASN Tak Pengaruhi Independensi KPK

Alex: Pegawai Jadi ASN Tak Pengaruhi Independensi KPK
Calon Pimpinan KPK Alexander Marwata saat uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (12/9/2019). ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Aichi Halik / AHL Rabu, 18 September 2019 | 20:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata (Alex) memastikan perubahan status pegawai KPK sebagai ASN (aparatur sipil negara) tak akan mengganggu independensi lembaga anti-rasuah tersebut.

"Di KPK ini yang dibangun adalah sistem, sistem itu yang membuat KPK menjadi kuat. Sejauh ini pimpinan tidak pernah melakukan intervensi dalam penindakan yang dilakukan oleh KPK, dan saya berharap hal itu akan terus dijaga. Nilai-nilai KPK yang kita pegang selama ini tidak akan berubah, meskipun nanti pegawai KPK statusnya ASN," kata Alex kepada pers di gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019).

Di samping itu, Alex berjanji bahwa perubahan status pegawai KPK menjadi ASN nantinya tak akan merugikan siapapun.

"Yang bisa kami janjikan kepada pegawai KPK bahwa mereka tidak akan dirugikan. Sesuai jabatannya di KPK mungkin kita akan konversikan dengan jabatan-jabatan yang sesuai sebagai ASN," ujar Alex.

Menurut Alex, transformasi status pegawai yang berjalan baik di KPK diharapkan bisa memberi contoh terbaik kepada lembaga pemerintah yang lain.

"Kita ingin memberikan contoh juga kepada kementerian atau lembaga pemerintah yang lain," ucap Alex.

"Sambil menunggu undang-undang disahkan, saat ini kami sudah bekerja untuk mengantisipasi perubahan UU KPK terkait status pegawai KPK menjadi ASN," lanjut Alex.



Sumber: BeritaSatu TV