Kasus Karhutla, Polda Riau Tahan Manajer Perusahaan Sawit PT SSS

Kasus Karhutla, Polda Riau Tahan Manajer Perusahaan Sawit PT SSS
Polda Riau menahan seorang manajer perusahaan perkebunan sawit PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) terkait kasus karhutla di Riau. ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Selasa, 8 Oktober 2019 | 20:02 WIB

Pekanbaru, Beritasatu.com - Polda Riau menahan seorang manajer perusahaan perkebunan sawit PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) terkait kasus karhutla di Riau.

Dir Reskrimsus Polda Riau, Kombes Andri Sudarmadi mengatakan, perusahaan sawit yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan itu dinilai lalai dalam menjaga lahannya dari kebakaran.

"Terhadap lahan yang terbakar tidak ada upaya penanggulangan kebakaran secara dini dan tidak memiliki sarana dan prasarana penanggulangan kebakaran yang memadai," kata Andri kepada pers di Mapolda Riau, Pekanbaru, Selasa (8/10/2019).

Menurut Andri, lahan perusahaan PT SSS yang terbakar mencapai sekitar 150 hektar pada Februari 2019. Selain itu, di lokasi kebakaran ditemukan puluhan kayu gelondongan yang dibiarkan berserakan.

"Di lokasi kita temukan log-log bekas tebangan hutan yang dibiarkan berserakan, ini merupakan unsur kesengajaan," ujar Andri.

Sebelumnya, Polda Riau telah menetapkan PT SSS sebagai tersangka korporasi kasus karhutla. Penetapan tersangka korporasi ini dilakukan pada Agustus 2019.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Polda Riau saat itu memeriksa beberapa orang saksi dari petinggi PT SSS, yakni EE, SG, dan AOH, dan selanjutnya menahan seorang manajer berinisial AOH.



Sumber: BeritaSatu TV