Kepala BIN: Penyerang Wiranto dari JAD Bekasi

Kepala BIN: Penyerang Wiranto dari JAD Bekasi
Tersangka penyerangan Menko Polhukam Wiranto diamankan petugas. ( Foto: istimewa / istimewa )
Robertus Wardi / HA Kamis, 10 Oktober 2019 | 19:28 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) mengungkapkan pelaku penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto yaitu Syahril Alamsyah alias Abu Rara adalah anggota kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Bekasi. Abu Rara sebelumnya diketahui sebagai anggota JAD Kediri.

"Dari dua pelaku ini kita sudah bisa mengindentifikasi bahwa pelaku adalah dari kelompok JAD Bekasi. Kita tahu bahwa Abu Rara ini dulu adalah dari sel JAD Kediri kemudian pindah. Sudah kita deteksi pindah ke Bogor," kata BG usai menjenguk Wiranto di Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (10/10) sore.

Selain Abu, polisi juga menangkap seorang wanita yang menemani pelaku dalam peristiwa tersebut. Tersangka perempuan ini diketahui bernama Fitri Andriana Binti Sunarto berdasarkan KTP yang dimiliki.

BG melanjutkan Abu telah bercerai dengan istri pertamanya dan pindah ke kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten. Dia pindah ke sana karena difasilitasi oleh salah satu anggota jaringan yaituAbu Syamsudin.

"Di sana, dia membangun JAD wilayah Meness dan tinggal di sana," jelas BG.

Menurutnya, beberapa kegiatan yang bersangkutan sudah dideteksi. Saat ini sedang dalam pengembangan untuk menangkap para jaringannya.

"Dari awal sudah disampaikan bahwa kita mendeteksi dari kelompok-kelompok JAD. Mereka ingin buat instabilitas atau membentuk amaliah (serangan), termasuk saudara Abu Rara," tuturnya.

Dia menegaskan pergerakan kelompok ini cukup banyak. Hal itu karena kerja mereka adalah membentuk sel.

"Sel itu kan titik kecil, orang per orang, kelompok per kelompok. Kita mohon bantuan dari seluruh warga masyarakat mengawasi bibit-bibit mereka ini," tutup BG.



Sumber: Suara Pembaruan