Golkar Berharap Anggota Dewan Pengawas KPK Mengerti Hukum

Golkar Berharap Anggota Dewan Pengawas KPK Mengerti Hukum
Ilustrasi KPK. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / AMA Rabu, 6 November 2019 | 16:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Partai Golkar berharap, anggota terpilih Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) adalah orang yang mengerti hukum. Alasannya, KPK adalah lembaga hukum yang perlu mendapat dukungan dari para pakar hukum.

"Personel-personel yang duduk atau yang dipilih sebagai dewan pengawas haruslah orang yang mengerti tentang hukum, khususnya penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan bahkan eksekusi. Yang tidak kalah pentingnya adalah personal yang mempunyai konsep tentang pencegahan korupsi," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar, John Kenedy Aziz di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Ia menjelaskan, KPK domain pekerjannya adalah hukum. Dia bekerja terkait penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan eksekusi perkara tindak pidana korupsi. Dan, ke depan, faktor pencegahannya yang lebih ditingkatkan atau diutamakan.

Dengan demikian, anggota Dewas harus mengerti masalah pemberantasan dan pencegahan korupsi. "Sosok yang diharapkan ya bebas, orang dari kalangan mana saja. Namun lebih mengutamakan orang-orang yang indipenden dan yang tidak terpengaruh dari siapa pun dan dari mana pun," tuturnya.

Dia berharap, pemilihan anggota Dewas KPK melibatkan DPR. Hal itu agar terjadi pengawasan terhadap anggota yang dipilih.
"Supaya obyektif, sebaiknya pembentukan dewan pengawas KPK melibatkan DPR," tutupnya.

 



Sumber: Suara Pembaruan