Penahanan Ratna Sarumpaet Dipindah ke Lapas Pondok Bambu

Penahanan Ratna Sarumpaet Dipindah ke Lapas Pondok Bambu
Ratna Sarumpaet. ( Foto: ANTARA FOTO / Sigid Kurniawan )
Bayu Marhaenjati / JAS Minggu, 10 November 2019 | 14:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Terpidana kasus penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet, telah dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas 2A Jakarta Pondok Bambu, Jakarta Timur, Jumat (8/11/2019) kemarin.

Pemindahan penahanan dari Rutan Mapolda Metro Jaya ke Lapas Pondok Bambu, dilakukan menyusul amar putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara.

"Iya betul penahanan sudah dipindah ke Pondok Bambu," ujar Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya AKBP Barnabas, Minggu (10/11/2019).

Dikatakan Barnabas, pemindahan penahanan dilakukan setelah menerima amar putusan dari Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memutuskan tetap menghukum Ratna selama 2 tahun penjara.

"Betul setelah mendapatkan putusan dari pengadilan," ungkap Barnabas.

Sebelumnya diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Ratna Sarumpaet 2 tahun penjara karena terbukti bersalah menyebarkan berita bohong yang menimbulkan keonaran sesuai dengan Pasal 14 ayat (1) Undang Undang nomor 1 Tahun 1946. Vonis ini lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), selama 6 tahun penjara.

Pasca-putusan, Ratna melalui penasihat hukumnya kemudian mengambil langkah banding ke tingkat Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Memori banding itu terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan Nomor 63/Akta.pid/2019/PN.Jkt.Sel.

Namun, upaya banding Ratna menemukan jalan buntu. Majelis hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta pada amar putusannya menguatkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menjatuhkan hukuman 2 tahun penjara. Artinya, Ratna tetap dihukum 2 tahun penjara dikurangi masa penahanan.



Sumber: BeritaSatu.com