Sudah 18 Orang Terkait Bom Medan Diamankan

Sudah 18 Orang Terkait Bom Medan Diamankan
Detasemen Khusus Anti-Teror. ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / FMB Sabtu, 16 November 2019 | 20:46 WIB

Medan, Beritasatu.com - Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto mengatakan, sudah 18 orang diamankan terkait kasus ledakan bom bunuh diri oleh Rabbial Muslim Nasution alias Dedek (24) di Markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (13/11/2019).

"Untuk hari ini, ada satu yang diamankan dari lokasi baku tembak antara petugas kita dengan kelompok aliran radikal ini di Hamparan Perak. Dua rekan mereka tewas ditembak. Identitas pelaku yang diamankan itu berinisial A," ujar Agus Andrianto, Sabtu (16/11/2019) malam.

Densus 88 Kontak Tembak dengan Terduga Teroris

Pelaku berinisial A ini diduga kuat adalah Andri, saudara dari terduga teroris Aris dan Fadli yang diamankan dari Lingkungan 20, Jalan Sentosa Barat, Kelurahan Sicanang Kecamatan Medan Belawan, Jumat (15/11/2019) kemarin.

"Selain menangkap pelaku berinisial A, petugas kita juga meringkus dua orang lagi dari kawasan Jalan Jermal Medan. Pelaku berinisial P dan K. Kemudian, tiga orang lagi ditangkap dari kawasan Aceh," kata mantan Wakapolda Sumut ini.

Agus menyampaikan, ada sejumlah barang bukti yang diamankan polisi dari operasi pemberantasan terorisme tersebut. Barang bukti itu berupa bahan peledak, senjata api rakitan, peluru, maupun lainnya. Untuk bahan peledak ditemukan dari sejumlah lokasi saat penggeledahan.

"Semua yang diamankan petugas itu terkait dengan peristiwa ledakan bom bunuh diri oleh Dedek di Markas Polrestabes Medan. Mereka kita mintai keterangan untuk pengembangan lebih lanjut. Peranan mereka juga masih didalami oleh penyidik. Ini belum dapat disampaikan," jelasnya.

Dua Jenazah Terduga Teroris Dibawa ke RS Bhayangkara Medan

Selain menewaskan Dedek, ledakan bom itu juga melukai empat orang polisi, satu pegawai dan seorang lagi mahasiswa. Kondisi korban ledakan bom ini secara berangsur mulai pulih setelah mendapatkan penanganan medis di Rumah Sakit Bhayangkara Medan.

Adapun identitas korban luka itu adalah Kompol Abdul Mutolip Kasi Propam Polrerabes Medan mengalami luka tangan kanan robek, Kompol Sarponi KasubBag Bin Ops Polrestabes Medan mengalami luka robek bokong sebelah kanan.

Kemudian, Aipda Deni Hamdani Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami luka-luka terkena serpihan, Bripka Juli Chandra Brigadir Si Propam Polrestabes Medan mengalami telinga sebelah kanan tidak bisa mendengar.

Selain itu, Ricard Purba PHL Bag Ops mengalami luka memar di wajah dan lengan dan Ikhsan Mulyadi Siregar (Mahasiswa) warga Jalan Bakti Suka Dono Dusun IV Kel. Tanjung Gusta Kecamatan Sunggal, mengalami luka di pinggul sebelah kiri terkena serpihan.

Bom bunuh diri itu juga merusak Mobil Dinas dan mobil pribadi Kabag Ops Polrestabes Medan, mengalami rusak kaca pecah dan terkena serpihan, 2 unit truk dinas Polri mengalami kaca pecah dan terkena serpihan ledakan.

Selesai Kontak Senjata, Sejumlah Terduga Teroris Diamankan



Sumber: Suara Pembaruan