Jokowi Hormati Langkah Hukum Pimpinan KPK

Jokowi Hormati Langkah Hukum Pimpinan KPK
Ilustrasi KPK ( Foto: BeritaSatu Photo / Uthan A Rachim )
Novy Lumanauw / MPA Kamis, 21 November 2019 | 15:51 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghormati langkah hukum yang ditempuh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan mengajukan uji materi (judicial review) atas Undang Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK ke Mahkamah Konstitusi.

“Indonesia adalah negara hukum. Kita hormati sepenuhnya apa yang dilakukan oleh siapa pun atas judicial review terhadap UU KPK,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Ia mengatakan, karena UU KPK telah memasuki ranah hukum, maka Presiden Jokowi menghormati dan menunggu apa pun hasil yang akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi. “Siapa pun harus dihormati dan menjalankan itu,” kata Pramono.

Sebelumnya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pimpinan KPK masih berharap Presiden Joko Widodo mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang atas UU KPK yang baru.

Sedangkan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menyatakan, pimpinan KPK akan ikut menjadi pemohon karena merasa mempunyai legal standing dalam polemik revisi UU KPK.



Sumber: Investor Daily