Wawan Dipindah ke Lapas Cipinang

Wawan Dipindah ke Lapas Cipinang
Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) ( Foto: istimewa / Istimewa )
Fana Suparman / CAH Kamis, 5 Desember 2019 | 15:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Penahanan bos PT Balipacific Pragama, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan bakal segera dipindahkan dari Rutan Pomdam Jaya Guntur ke Lapas Cipinang. Pemindahan ini berdasarkan surat yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjenpas Kemkumham).

"Mudah-mudahan besok (dipindahkan dari Rutan Pomdam Jaya Guntur ke Lapas Cipinang). Mudah-mudahan betul itu yang disampaikan besok," kata Maqdir Ismail, kuasa hukum Wawan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Diketahui, Wawan saat ini menjadi terdakwa perkara dugaan korupsi alat kesehatan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang persidangannya sedang bergulir di Pengadilan Tipikor Jakarta. Namun, Wawan telah lebih dahulu menyandang status terpidana dalam perkara sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi.

Wawan berharap penahanannya segera dipindahkan ke Lapas Cipinang karena statusnya sebagai warga binaan yang seharusnya berada di Lapas, bukan di Rutan.

"Undang-Undang berbunyi, saya warga binaan, mestinya saya dibina di lapas bukan di rutan. Jadi persoalan hukum, nanti orang mempersoalkan bukan saya saja," ungkap Wawan.

Maqdir Ismail pada persidangan pada Kamis (28/11/2019) lalu mengaku telah menerima surat dari Ditjenpas Kemkumham yang menyebut penahanan Wawan dipindahkan dari Rutan Pomdam Jaya Guntur ke Lapas Cipinang. Alasan pemindaham itu agar pembinaan Wawan tidak terputus saat menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta. 



Sumber: Suara Pembaruan