Agus Rahardjo Pasrah dengan Dewas Pilihan Jokowi

Agus Rahardjo Pasrah dengan Dewas Pilihan Jokowi
Agus Rahardjo. (Foto: Antara)
Fana Suparman / MPA Jumat, 6 Desember 2019 | 16:52 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com-Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih lima nama sebagai Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

"Pertama ditentukan oleh presiden, ya silahkan," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Dewan Pengawas KPK merupakan amanat UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Dewas nantinya berisi lima anggota, dengan seorang merangkap sebagai ketua. Dalam UU KPK yang baru, Dewas memiliki peran yang sangat penting dalam kerja KPK salah satunya mengeluarkan izin penyadapan.

Untuk periode pertama, Dewas KPK akan dipilih langsung oleh Presiden untuk selanjutnya dipilih melalui panitia seleksi dan DPR sebagaimana proses pemilihan calon pimpinan KPK. Untuk periode pertama, lima anggota Dewas yang dipilih Presiden akan dilantik bersamaan dengan pelantikan Pimpinan KPK Jilid V pada 21 Desember 2019 mendatang.

Agus mengaku, sejauh ini, KPK juga tidak dimintai pendapat terkait pemilihan Dewas. Agus pun enggan menjawab saat diminta kriteria ideal calon Dewas. Sebagai pelaksana UU, kata Agus, pihaknya hanya menjalankan UU baru, termasuk mengenai nama-nama Dewas.
"Kita menunggu penetapan Dewas itu, kan dilantik sama-sama dengan pimpinan baru," katanya.
Agus memastikan dirinya tidak merekomendasikan nama dari KPK sendiri kepada Jokowi. Agus meyakini, Jokowi melalui Mensesneg Pratikno telah mengantongi nama-nama calon Dewas.

"Kan yang memilih Presiden, Presiden pasti kan sudah punya nama, yang saya dengar kan koordinatornya Mensesneg, pasti masukan dari sana. Tidak elok kalau mengusulkan diri sendiri kan tidak elok," katanya.



Sumber: Suara Pembaruan