Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi

Presiden Jokowi Saksikan Pengucapan Sumpah Hakim Konstitusi
Pengucapan sumpah dua hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Selasa 7 Januari 2020. ( Foto: dok )
Novy Lumanauw / YUD Selasa, 7 Januari 2020 | 15:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyaksikan pengucapan sumpah dua hakim konstitusi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Kedua hakim konstitusi yang diangkat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 141/P/Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kembali Hakim Konstitusi dari Mahkamah Agung terdiri atas Daniel Yusmik Pancataski Foekh dan Suhartoyo.

Foekh yang sebelumnya menjabat sebagai dosen tetap pada Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, akan menggantikan I Dewa Gede Palguna, yang telah berakhir masa tugasnya.

Daniel pada tahun 2011 meraih gelar doktor di bidang hukum dari Universitas Indonesia.

Ia juga pernah memberikan tanggapan terkait desakan publik agar Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Komisi Pemberantasan Korupsi. Daniel berpendapat bahwa Perpu KPK belum perlu karena negara tidak dalam keadaan darurat.

Sedangkan Suhartoyo merupakan hakim konstitusi yang diusulkan Mahkamah Agung (MA). Suhartoyo tercatat pernah bertugas di Pengadilan Negeri (PN) Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu pada 1989, PN Metro (Lampung) pada 1995, PN Tangerang (Banten) pada 2001, dan PN Bekasi (Jawa Barat).

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua PN Praya (Nusa Tenggara Barat) pada 2004, Wakil Ketua PN Pontianak (Kalimantan Barat) tahun 2009, Ketua PN Pontianak pada 2010, Wakil Ketua PN Jakarta Timur (2011), dan Ketua PN Jakarta Selatan (2011).

Sebelum diangkat sebagai hakim konstitusi, Suhartoyo menjabat sebagai hakim pada Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali.



Sumber: Investor Daily