KPK Disebut Tangkap Komisioner KPU Pusat

KPK Disebut Tangkap Komisioner KPU Pusat
Ilustrasi OTT KPK (Foto: Beritasatu.com)
Fana Suparman / YUD Rabu, 8 Januari 2020 | 18:06 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sejumlah pihak dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (8/1/2020). Salah satu pihak yang diringkus dalam OTT ini merupakan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat.

"Ya mas (Komisioner KPU)," kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat dikonfirmasi, Rabu (8/1/2020).

Tak hanya Komisioner KPU, dalam OTT ini, tim Satgas KPK juga meringkus sejumlah pihak lain. Para pihak tersebut ditangkap lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap.

"Pemberi dan penerima suap kita tangkap," katanya.

Meski demikian, Firli masih enggan mengungkap lebih jauh mengenai identitas para pihak yang diamankan. Firli menyatakan, saat ini, tim Satgas masih terus bekerja.

"Kami masih bekerja," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron menyatakan, penyelenggara negara yang diringkus merupakan anggota KPU Pusat.

"Anggota KPU Pusat," katanya.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti identitas maupun dugaan tindak pidana yang dilakukan para pihak tersebut hingga diringkus tim Satgas KPK. Lembaga Antikorupsi memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan.

OTT terhadap Komisioner KPU ini terjadi sehari setelah tim Satgas KPK menangkap Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah dan sejumlah pihak lainnya dalam OTT pada Selasa (7/1/2020). Saat ini, KPK sedang memeriksa secara intensif para pihak yang diamankan. 



Sumber: Suara Pembaruan