Komisioner KPU Diduga Ditangkap Saat Akan Bertugas ke Belitung

Komisioner KPU Diduga Ditangkap Saat Akan Bertugas ke Belitung
Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Beritasatu TV)
Yustinus Paat / YUD Rabu, 8 Januari 2020 | 20:36 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan kemungkinan komisioner KPU berinisial WS ditangkap saat hendak bertugas ke Belitung untuk melakukan sosialisasi pilkada serentak 2020. WS, kata Arief, hendak berangkat bersama staf pribadi dan staf humas KPU.

"Pak Wahyu (Wahyu Setiawan) hari ini memang jadwalnya melaksanakan tugas ke Belitung," ujar Arief Budiman di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (8/1/2020) malam.

Arief menceritakan WS berangkat ke Belintung dengan pesawat siang dari Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banteng. Namun, begitu pesawat landing di Belitung dan penumpang turun, WS tidak ada.

"Begitu pesawat landing dan penumpang turun. Lho yang turun kok staf humas saja. Pak Wahyu kok enggak ada di rombongan," ungkap dia.

Arief menduga WS yang sudah masuk ke pesawat diturunkan oleh petugas KPK. WS, kata dia, kemungkinan tidak jadi berangkat ke Belitung.

"Nah itu kabarnya Pak Wahyu sudah masuk, infonya enggak jadi terbang atau dikeluarkan dari pesawat atau saya enggak tahu ya informasi detailnya seperti apa," tutur Arief.

Arief mengakui tidak bisa menghubungi WS sejak siang sampai dengan beredar isu komisioner KPU ditangkap KPK. Pihaknya akan mengonfirmasi langsung ke KPK terkait penangkapan tersebut.

Hari ini, kata Arief, dirinya bersama empat komisioner KPU, yakni Pramono Tanthowi Ubaid, Ilham Saputra dan Hasyim Asy'ari berada di kantor KPU. Sementara tiga komisioner KPU yang lain, Wahyu Setiawan, Viryan dan Evi Novida Ginting Manik bertugas ke luar kota.

"Bu Evi sedang menghadiri kegiatan KPU, diundang sebagai pemantau internasional, pemantau pemilu di Taiwan. Pak viryan sedang menjalankan tugas ke Toraja kemudian Pak Wahyu hari ini memang jadwalnya melaksanakan tugas ke Belitung," pungkas dia.

Sebagaimana diberitakan, Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap sejumlah pihak dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu (8/1/2020). Salah satu pihak yang diringkus merupakan Komsioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat berinisial WS.

"Komisioner KPU atas nama WS," kata Ketua KPK, Firli Bahuri saat dikonfirmasi.

Tak hanya Komisioner KPU, dalam OTT ini, tim Satgas KPK juga meringkus sejumlah pihak lain. Para pihak tersebut ditangkap lantaran diduga terlibat dalam transaksi suap.

"Pemberi dan penerima suap kita tangkap," kata Firli.



Sumber: BeritaSatu.com