Ketua KPU Sebut Wahyu Setiawan Masih Diperiksa KPK

Ketua KPU Sebut Wahyu Setiawan Masih Diperiksa KPK
Ilustrasi Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono)
Fana Suparman / YUD Rabu, 8 Januari 2020 | 20:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman memastikan Komisioner KPU yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan Wahyu Setiawan. Hal ini dipastikan Arief setelah bersama tiga Komisioner KPU lainnya bertemu Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, Plt Jubir KPK Ali Fikri dan Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/1/2020). Dikatakan Arief, saat ini Wahyu masih diperiksa secara intensif oleh tim penyidik KPK.

"Dalam pertemuan itu kami ingin mengonfirmasi apakah benar salah satu anggotan KPU diperiksa di KPK dan beliau (Alexander Marwata) menyatakan benar dengan inisial pak WS. Sedang dilakukan pemeriksaan," kata Arief di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Selain Wahyu, tim Satgas KPK juga mengamankan tiga orang lainnya. Namun, Arief mengaku belum mengetahui secara pasti tindak pidana yang diduga dilakukan Wahyu hingga diringkus tim Satgas KPK.

"Kami juga mengonfirmasi terkait perkara apa dengan siapa dan sebagainya, beliau hanya mendapatkan informasi hari ini yang diperiksa empat, tapi terkait dengan pemeriksaan apa, beliau juga tidak tahu," katanya.

Menurutnya, Wahyu saat ini masih berstatus terperiksa. KPK baru akan menyampaikan informasi lengkap mengenai perkara ini dalam konferensi pers besok. Untuk itu, kata Arief, KPU akan menunggu keterangan resmi KPK.

"Kita belum tahu kasusnya apa. Kita menunggu 1x24 jam. Kita baru tahu kasusnya apa," katanya. 



Sumber: Suara Pembaruan