KPU-Bawaslu Sepakat Laporkan Wahyu Setiawan ke DKPP

KPU-Bawaslu Sepakat Laporkan Wahyu Setiawan ke DKPP
Komisioner Komisi Pemilihan Umum Wahyu Setiawan (kedua kiri) mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (10/1/2020) dini hari. ( Foto: ANTARA / Dhemas Reviyanto )
Aichi Halik / AHL Jumat, 10 Januari 2020 | 20:39 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sepakat melaporkan Komisioner KPU Wahyu Setiawan (WS) ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Langkah itu diambil setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wahyu menjadi tersangka kasus suap terkait pergantian antar waktu (PAW) caleg DPR RI dari PDIP.

"Selain persoalan hukum ada juga persoalan etik dalam kasus ini, kami sepakat proses hukum ditangani oleh KPK dan persoalan etik kami lakukan laporan pengaduan ke DKPP," kata Ketua KPU Arief Budiman saat jumpa pers di Kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Abhan mengatakan laporan kepada DKPP akan diserahkan secepatnya. Ia menegaskan keputusan DKPP ini akan krusial untuk menentukan kepastian hukum bagi status keanggotaan Wahyu di KPU ke depannya.

"Bawaslu akan mengadukan yang bersangkutan, saudara WS, kepada DKPP dengan dugaan pelanggaran kode etik, yaitu melanggar sumpah dan janji," kata Abhan.

"Kami berharap kasus yang menimpa WS ini tak akan mempengaruhi proses dan tahapan pilkada 2020," imbuh Abhan.



Sumber: BeritaSatu TV