Mahfud Tegaskan Proses Hukum Jiwasraya dan Asabri Terus Berjalan

Mahfud Tegaskan Proses Hukum Jiwasraya dan Asabri Terus Berjalan
Mahfud MD. ( Foto: Antara )
Robertus Wardi / YUD Rabu, 22 Januari 2020 | 16:31 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam Mahfud MD mengemukakan proses hukum terhadap kasus asuransi Jiwasraya dan Asabri terus berjalan. Kepolisian dan Kejaksaan bekerja untuk mencari praktik-praktik korupsi dan penyimpangan di dua perusahaan milik negara itu.

“Kasus Jiwasraya dan Asabri itu jalur hukum tetap berjalan. Kejaksaan Agung sudah menyampaikan detail-detail langkah yang sudah dilakukan,” kata Mahfud usai menerima Jaksa Agung ST Burhanuddin di Kemko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Ia meminta masyarakat agar menunggu dan mengawasi prosesnya. Namun tidak ditambahkan berita bohong atau hoax yang jauh dari peristiwa hukum.

“Ikuti saja perkembangannya. Tetapi jangan diwarnai dengan berita-berita yang tendensius hoax,” tutur Mahfud.

Dia mengingatkan dalam hukum, kasus pidana jalurnya sendiri dan kasus perdata jalurnya sendiri pula. Tidak bisa kasus yang sudah masuk ke ranah hukum pidana dibelokkan ke perdata.

“Kalau memang ada unsur pidananya, ya pidana, perdata ya biar diselesaikan. Pidana itu tidak berubah hanya karena sesudah diketahui lalu ditempuh ke langkah-langkah keperdataan, itu tidak boleh di dalam hukum pidana,” tegas Mahfud.



Sumber: Suara Pembaruan