Menkominfo Jelaskan Pentingnya RUU Perlindungan Data Pribadi

Menkominfo Jelaskan Pentingnya RUU Perlindungan Data Pribadi
Menkominfo Johnny G. Plate (kiri). ( Foto: ANTARA FOTO / Galih Pradipta )
Carlos KY Paath / FER Selasa, 25 Februari 2020 | 15:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika), Johnny G Plate, menegaskan, Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) sangat penting. Salah satu alasannya, dalam rangka menjamin perlindungan data pribadi setiap warga negara.

Baca Juga: Penyalahgunaan Data Pribadi Didenda Rp 100 M

"RUU PDP ditujukan untuk menjamin hak warga negara atas perlindungan pribadi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat serta menjamin pengakuan dan kehormatan atas pentingnya perlindungan data pribadi,” kata Johnny G Plate, saat rapat  dengan Komisi I DPR, di Ruang Komisi I Gedung DPR, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Pada kesempatan itu, Menkominfo menyatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak positif di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Tidak terbatas pada transaksi ekonomi, perdagangan secara daring, dan penegakan hukum.

"Berbagai aktivitas dalam kehidupan di era digitalisasi memerlukan data pribadi. Pemanfaatan data pribadi, membutuhkan tata kelola yang baik dan akuntabel dalam pemrosesannya," kata Johnny G Plate.

Baca Juga: Komisi I Pertanyakan Proyek Satria

Sekretaris jenderal Partai Nasdem ini menegaskan, dibutuhkan regulasi yang kuat sekaligus komprehensif untuk memastikan PDP secara memadai. Terlebih, Kemkominfo telah mendeteksi kebocoran data pribadi terjadi dalam beberapa tahun terakhir, yang memberikan dampak kerugian yang signifikan bagi masyarakat secara khusus pemilik data.

"Misalnya praktik jual beli data pribadi, penggelapan rekening nasabah, dan penipuan lain dengan menggunakan data pribadi milik orang lain," kata Johnny.

"RUU Pelindungan Data Pribadi merupakan instrumen hukum yang disusun untuk melindungi data pribadi warga negara dari praktik penyalahgunaan data pribadi," tegasnya.



Sumber: BeritaSatu.com