KPK dan PN Jakpus Siapkan Sidang Melalui Video Konferensi

KPK dan PN Jakpus Siapkan Sidang Melalui Video Konferensi
Ali Fikri. ( Foto: Antara )
Fana F Suparman / YS Jumat, 27 Maret 2020 | 15:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona tak menghalangi upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Saat ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) sedang mempersiapkan agar pelaksanaan sidang terkait perkara korupsi dapat digelar melalui konferensi video.

"Untuk persidangan, langkah-langkah yang KPK lakukan adalah saat ini telah berkoordinasi dengan pihak PN Jakarta Pusat mengenai teknis persidangan Tipikor dan sepakat akan diupayakan persidangan digelar dengan melalui video conference (vicon) yang prosesnya tetap berpegang pada hukum acara yang berlaku," kata Plt Jubir KPK Ali Fikri dalam keterangan pers, Jumat (27/3/2020).

Persidangan melalui konferensi video dipersiapkan untuk menyiasati pandemi corona. Hal ini lantaran virus corona mudah tersebar dalam kerumunan orang. Sementara persidangan konvensional menjadi ruang berkumpulnya, Majelis Hakim, terdakwa dan penuntut umum. Belum lagi adanya risiko penyebaran virus melalui pengunjung persidangan.

Ali mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji coba sarana persidangan konferensi video.

"Tim KPK telah melakukan uji coba peralatan di PN Jakarta Pusat maupun di KPK dan akan dilakukan persiapan lebih lanjut," katanya.

Dengan sidang secara daring, para terdakwa tetap mendapat keadilan atas tindak pidana korupsi yang diduga dilakukannya tanpa melewati tenggat waktu yang ditentukan aturan perundang-undangan.

"Harapannya persidangan tetap bisa berjalan di tengah wabah penyebaran virus corona saat ini, sehingga penyelesaian perkara Tipikor dapat dilakukan sesuai waktu yang ditentukan oleh UU," katanya.

 



Sumber: Suara Pembaruan