Terpilih Sebagai Ketua MA, Nama Syarifuddin Segera Diserahkan ke Presiden

Terpilih Sebagai Ketua MA, Nama Syarifuddin Segera Diserahkan ke Presiden
Presiden Joko Widodo dalam arahannnya dalam acara laporan kinerja dalam Sidang Pleno IstimewaLa poran Tahunan Mahkamah Agung Tahun 2019 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Fana F Suparman / WM Senin, 6 April 2020 | 14:59 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Yudisial Muhammad Syarifuddin terpilih sebagai Ketua MA periode 2020-2025 menggantikan Hatta Ali yang memasuki masa pensiun. Dalam putaran kedua Sidang Paripurana Khusus Pemilihan Ketua MA, di Gedung MA, Jakarta, yang disiarkan melalui layanan live streaming, Senin (6/4/2020), Syarifuddin memperoleh suara terbanyak.

Ketua Sidang Paripurna MA, Hatta Ali mengatakan, pihaknya bakal segera menyerahkan hasil pemilihan ini kepada Presiden Joko Widodo. Dengan demikian, Syarifuddin dapat segera ditetapkan dan dilantik sebagai Ketua MA periode 2020-2025.

"Suara Hakim Agung akan diteruskan kepada Presiden Indonesia yang akan menetapkan secara definitif Ketua MA. Mari kita bekerja sama untuk mendukung ketua MA Republil Indonesia yang baru," kata Hatta Ali saat memimpin Sidang Paripurna.

Hatta Ali bersyukur masih bisa menggelar sidang paripurna pemilihan Ketua MA di tengah pandemi corona.

Hatta Ali pun menyampaikan selamat kepada Syarifuddin yang terpilih sebagai Ketua MA untuk menggantikannya yang memasuki masa pensiun. Hatta Ali berharap Syarifuddin dapat menjalankan tugasnya dengan amanah.

Dikatakan, jabatan Ketua MA mempunyai tanggung jawab yang besar terutama menyangkut peradilan di Indonesia.

"Kepercayaan ini amanah dan tanggung jawab besar yang harus dilaksanakan sepenuh hati dan penuh kerja keras," katanya.

Selain itu, Hatta Ali juga meminta Hakim Agung lainnya yang tidak terpilih untuk tidak berkecil hati. Hatta Ali meyakini hasil pemilihan ini membawa kebaikan bagi semua pihak.

"Saya juga menyampaikan terima kasih atas segala dukungan elemen MA dan badan peradilan di bawahnya atas kerja sama selama delapan tahun dua bulan saya menjalankan amanah sebagai Ketua MA Republik Indonesia," katanya.



Sumber: BeritaSatu.com