Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Segera Diadili

Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan Segera Diadili
Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan menjawab pertanyaan wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (21/1/2020). Wahyu Setiawan diperiksa sebagai saksi bagi tersangka mantan Caleg PDIP Harun Masiku dalam kasus dugaan korupsi penetapan pergantian antarwaktu anggota DPR periode 2019-2024. (Foto: ANTARA FOTO / Indrianto Eko Suwarso)
Fana F Suparman / CAH Rabu, 6 Mei 2020 | 20:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan bakal segera diadili atas perkara dugaan suap pengurusan pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR dari Fraksi PDIP. Hal ini seiring dengan langkah tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang telah merampungkan berkas penyidikan Wahyu. Tak hanya Wahyu, mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sekaligus orang kepercayaan Wahyu, Agustiani Tio Fridelina juga bakal diadili dalam perkara yang sama.

Plt Jubir KPK, Ali Fikri menyatakan, berkas penyidikan Wahyu dan Agustiani Tio telah dinyatakan lengkap atau P21. Untuk itu, tim penyidik melimpahkan berkas perkara, barang bukti dan kedua tersangka ke tahap penuntutan atau tahap II pada Rabu (6/5/2020).

Baca JugaDari Rp 200 Juta yang Diterima, Wahyu Setiawan Kembalikan Rp 154 Juta ke KPK

"Hari ini, penyidik melaksanakan tahap II (penyerahan tersangka dan Barang Bukti) kepada JPU untuk dua tersangka atau terdakwa yaitu Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fredelina," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalaam keterangannya, Rabu (6/5/2020).

Dengan pelimpahan ini, Jaksa Penuntut KPK memiliki waktu 14 hari kerja untuk menyusun surat dakwaan Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fridelina. Nantinya surat dakwaan itu akan dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta untuk disidangkan.

Baca JugaKPK Cecar Wahyu Setiawan soal Hubungannya dengan Harun Masiku dan Hasto Kristiyanto

"Rencana persidangan akan dilaksanakan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat," katanya.

Dalam merampungkan penyidikan kasus ini, tim penyidik KPK telah memeriksa sekitar 36 saksi. Beberapa di antaranya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Krsitiyanto; Ketua KPU, Arief Budiman; serta Advokat PDIP, Donny Tri Istiqomah.

"Selama proses penyidikan, telah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi sebanyak 36 saksi diantaranya Hasto Kristiyanto, Arief Budiman, Riezky Aprilia," katanya.

Keterangan para saksi tersebut telah dituangkan dalam berkas penyidikan Wahyu Setiawan maupun Agustiani. Nantinya, para saksi tersebut akan dipanggil dan dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan Wahyu dan Agustiani untuk proses pembuktian.



Sumber: BeritaSatu.com