Eks Komisioner KPU Segera Diadili Kasus Suap PAW Caleg PDIP

Eks Komisioner KPU Segera Diadili Kasus Suap PAW Caleg PDIP
Komisioner KPU Wahyu Setiawan (tengah) menaiki mobil tahanan usai diperiksa di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020. (Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao)
Fana Suparman / WBP Jumat, 15 Mei 2020 | 20:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan dan orang kepercayaannya yang juga mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina bakal segera diadili atas kasus dugaan suap dari caleg PDIP Harun Masiku terkait pengurusan PAW Anggota DPR. Hal ini seiring dengan langkah tim Jaksa Penuntut KPK yang telah melimpahkan berkas perkara Wahyu dan Agustiani Tio ke Pengadilan Tipikor Jakarta untuk disidangkan.

"Hari ini, Jumat 15 Mei 2020, Tim JPU KPK melimpahkan berkas perkara atas nama Terdakwa Wahyu Setiawan dan Agustiani Tio Fredelina ke PN Tipikor Jakarta Pusat,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Ajudan Ungkap Pertemuan Wahyu Setiawan dengan Hasto Kristiyanto

Dengan pelimpahan ini, kata Ali, Tim Jaksa KPK akan menunggu penetapan hari persidangan dari Majelis Hakim Tipikor. ”Demikian juga penahanan, sesuai Hukum Acara sepenuhnya telah beralih menjadi kewenangan Majelis Hakim Tipikor pada PN Jakarta Pusat,” kata Ali Fikri.

Diberitakan, KPK menetapkan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan; caleg PDIP, Harun Masiku; mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina dan kader PDIP Saeful Bahri sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait PAW anggota DPR. Wahyu dan Agustiani diduga menerima suap dari Harun dan Saeful dengan total sekitar Rp 900 juta. Suap itu diduga diberikan kepada Wahyu agar Harun dapat ditetapkan oleh KPU sebagai anggota DPR menggantikan caleg terpilih dari PDIP atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia. Saeful Bahri sedang menjalani proses persidangan. Sementara, tersangka Harun Masiku masih buron hingga kini



Sumber: BeritaSatu.com