Kemkumhan: Siti Fadilah Dirawat dengan Layak di Rutan Pondok Bambu

Kemkumhan: Siti Fadilah Dirawat dengan Layak di Rutan Pondok Bambu
Siti Fadilah Supari (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)
Fana Suparman / WBP Selasa, 26 Mei 2020 | 16:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjenpas Kemkumham) memastikan mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mendapat perawatan kesehatan yang layak di Rutan Pondok Bambu. Hal ini disampaikan Ditjenpas terkait penempatan kembali Siti Fadilah yang merupakan terpidana korupsi alat kesehatan di Rutan Pondok Bambu.

"Bahwa Siti Fadilah selama menjalani pidana di Rutan Pondok Bambu telah mendapatkan perawatan kesehatan yang baik dengan tim medis dan fasilitas kesehatan yang disediakan oleh Rutan Pondok Bambu, kecuali hal-hal yang harus dirujuk ke RS luar Rutan (RSPAD)," kata Kabag Humas Ditjen PAS Rika Apriyanti dalam keterangan pers, Selasa (26/5/2020).

Baca juga: Wawancara Siti Fadilah Supari, Deddy Corbuzier Langgar Prosedur Ditjenpas

Rika menjelaskan, Siti Fadilah sempat dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada 20 Mei 2020 untuk diperiksa kesehatannya atas diagnosis penyakit asma. Siti Fadilah kemudian dikembalikan ke Rutan Pondok Bambu pada 22 Mei 2020 berdasarkan rekomendasi dan surat keterangan dalam bentuk Resume Pasien Rawat Inap yang ditandatangani oleh dokter di RSPAD Gatot Subroto. Dalam surat rekomonedasinya, Siti Fadillah dianjurkan kontrol di Klinik Rutan Pondok Bambu. "Dalam surat rekomendasinya tertulis dengan keterangan bahwa yang bersangkutan dalam kondisi sehat, asma tidak dalam serangan, diagnosis asma intermiten yakni tidak dalam serangan dan rapid test nonreaktif," kata Rika.

Dalam kesempatan ini, Rika memastikan seluruh petugas dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Pondok Bambu telah menjalani rapid test dan PCR atau swab test, termasuk Siti Fadillah. Untuk mereka yang positif Covid-19 telah dirawat dan menjalani pengobatan di luar Rutan Pondok Bambu yaitu di RS Pengayoman dan RS Wisma Atlet. "Semua Petugas dan WBP yang ada di Rutan Pondok Bambu saat ini adalah dalam kondisi negatif Covid-19," tegas Rika.

Sebelumnya, pada Rabu (20/5/2020) pekan lalu, Siti Fadilah dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto berdasarkan rekomendasi dari dokter Rutan Pondok Bambu dan persetujuan Plt Kepala Rutan Pondok Bambu. Saat itu, kondisi Siti Fadilah diagnosis asma. Siti Fadilah pun sempat menempati Ruang Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto.

Saat dirawat di RSPAD itu, Siti Fadilah diduga diwawancara oleh Deddy Corbuzier dan diunggah pada Kamis (21/5/2020) di akun Youtube Deddy. Berdasarkan penelusuran Ditjenpas, wawancara itu dilakukan pada 20 Mei 2020 sekitar pukul 21.30-23.30 WIB.



Sumber: BeritaSatu.com