Ketua DPRA Apresiasi Nelayan Selamatkan Imigran Rohingya

Ketua DPRA Apresiasi Nelayan Selamatkan Imigran Rohingya
Foto dokumentasi pada 30 September 2017 ini memperlihatkan seorang pria Bangladesh membantu pengungsi Muslim Rohingya turun dari kapal di garis pantai Bangladesh di sungai Naf setelah melintasi perbatasan dari Myanmar di Teknaf. (Foto: AFP / Fred DUFOUR)
/ HS Sabtu, 27 Juni 2020 | 07:50 WIB

Banda Aceh, Beritasatu.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Dahlan Jamaluddin mengapresiasi para nelayan dan masyarakat di Kabupaten Aceh Utara yang menyelamatkan imigran Rohingya, Myanmar.

"Apa yang mereka melakukan adalah untuk kemanusiaan. Mereka menyelamatkan imigran Rohingya di tengah melaut, perairan Selat Malaka," kata Dahlan di Banda Aceh, Jumat (26/6/2020).

Politisi Partai Aceh itu menyebutkan ada 94 imigran Rohingya diselamatkan di Samtalira Bayu, Aceh Utara, Kamis (25/6). Dari 94 imigran tersebut, 15 orang di antaranya laki-laki, selebihnya wanita dan anak-anak.

Dahlan meminta pemerintah pusat ikut membantu masalah imigran yang merupakan pengungsi dari Muslim Rohingya. Bantuan tersebut lebih kepada kemanusiaan.

"Mereka meninggalkan negaranya karena konflik. Kewajiban kita membantu mereka. Karena itu, kami meminta Pemerintah Indonesia ikut membantu muslim Rohingya," kata Dahlan.

Dahlan memahami persoalan kepentingan negara dan hubungan politik luar negeri yang dijalankan Pemerintah Indonesia. Namun atas nama kemanusiaan, Pemerintah Indonesia juga harus membantu.

Oleh karena itu, Dahlan berharap pemerintah pusat mengoordinasikan serta mengambil sikap terhadap puluhan Muslim Rohingya yang terdampar di Aceh Utara.

"Yang terpenting sekarang ini bagaimana mereka ditolong terlebih dahulu. Setelah itu harus ada tindakan lebih lanjut. Warga Aceh juga pernah merasakan nasib serupa semasa konflik," kata Dahlan.



Sumber: ANTARA