Perlu Gerakan Seluruh Elemen Bangsa untuk Perangi Narkoba

Perlu Gerakan Seluruh Elemen Bangsa untuk Perangi Narkoba
Putera Astaman (Foto: istimewa)
Bernadus Wijayaka / BW Senin, 29 Juni 2020 | 20:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua umum Badan Kerja Sama Sosial Usaha Pembinaan Warga Tama (Bersama), Mayjen Pol (P) Putera Astama mengatakan, perlu gerakan seluruh elemen bangsa dalam memerangi peredaran narkoba.

Hal itu dia ungkapkan dalam perayan hari ulang tahun ke-42 Bersama dan peringatan Hari Anti Narkoba (HANI) 2020 di Kebayorann Baru, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Putera merujuk Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) 2018-2019 Tingkat Kementerian/Lembaga.

Inpres tersebut, ujar Putera, menuntut semua lembaga dan kementerian, bahkan sampai pada tingkat kabupaten dan kota, agar peduli pada upaya P4GN.

“BNN (Badan Narkotika Nasional) berperan sebagai institusi koordinator utama. Inpres 2/2020 sangat tepat untuk diterbitkan. Mengingat, potensi kerusakan akibat narkoba terhadap seluruh lapisan masyarakat, termasuk aparatur sipil negara (ASN), makin nyata dan begitu mengkhawatirkan. Perlu gerakan seluruh elemen bangsa dalam memeranginya," katanya.

Dalam Inpres tersebut, ada beberapa perintah, di antaranya harus tes urine kepada anggota TNI, Polri, ASN, taruna-taruni pendidikan kedinasan, sampai pegawai swasta seperti satpam.

"Jadi jelas, Inpres No 2 Tahun 2020 sebagai payung hukum dalam melaksanakan deteksi dini dalam upaya menekan peredaran narkoba," jelas Putera Astaman.

Terkait hari jadi ke-42 Bersama, Putera menegaskan, Bersama adalah organisasi kemitraaan pemerintah dengan organisasi kemasyarakat dalam melaksanakan berbagai upaya untuk menekan jumlah pengguna sebagai bagian tidak terpisahkan dari upaya P4GN.



Sumber: BeritaSatu.com