HUT Ke-74 Bhayangkara, Jokowi Keluarkan 7 Instruksi

HUT Ke-74 Bhayangkara, Jokowi Keluarkan 7 Instruksi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Novy Lumanauw / Lenny Tristia Tambun / Farouk Armaz / WBP Rabu, 1 Juli 2020 | 10:20 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan tujuh instruksi untuk dijadikan sebagai pedoman bagi seluruh jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) saat menjadi inspektur upacara pada HUT ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

“Sebelum mengakhiri amanat ini saya menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri,” kata Presiden Jokowi.

Instruksi pertama, Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran Polri untuk terus memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas, “Jaga kehormatan, jaga kepercayaan, dan jaga kebanggaan sebagai anggota Polri,” katanya.

Baca juga: Jokowi: Jangan Menyerah, Mari Kerja Keras Atasi Covid-19

Kedua adalah terus mereformasi diri secara total, bangun sistem, dan tata kelola yang partisipatif, transparan, dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional, modern, dan terpercaya.

Instruksi ketiga, Presiden Jokowi meminta seluruh jajaran Polri untuk terus memantapkan soliditas internal perkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

“Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat,” katanya.

Instruksi kelima, yaitu jajaran Polri wajib meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan dan berkeadilan sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, Polri wajib terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari Covid-19.

Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab.

“Demikian amanat saya, semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala, Tuhan yang maha kuasa senantiasa menyertai langkah-langkah kita untuk mengabdi kepada rakyat, bangsa, dan negara. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia, teruslah menjadi Rastra Sewakottama, Abdi utama nusa dan bangsa,” kata Presiden Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com