Jokowi Ingatkan Polri Kendalikan Covid-19, Tanpa Lupakan Agenda Strategis

Jokowi Ingatkan Polri Kendalikan Covid-19, Tanpa Lupakan Agenda Strategis
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara HUT ke-74 Bhayangkara di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). (Foto: Biro Pers Kepresidenan)
Lenny Tristia Tambun / Novy Lumanauw / WBP Rabu, 1 Juli 2020 | 10:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan meskipun saat ini Polri beserta jajarannya fokus membantu mengendalikan pandemi Covid-19, tapi agenda strategis tidak boleh dilupakan.

“Walaupun saat ini Polri fokus dalam membantu mengendalikan pandemi Covid-19 tapi berbagai agenda strategis Polri tidak boleh dilupakan,” kata Jokowi dalam pidatonya saat menjadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-74 secara virtual di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Untuk melaksanakan semua tugas termasuk agenda strategis, Jokowi meminta jajaran Polri harus terus mereformasi diri secara total. Selain itu, berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern. “Ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan,” ujarnya.

Baca juga: HUT Ke-74 Bhayangkara, Jokowi Keluarkan 7 Instruksi

Mantan Gubernur DKI Jakarta mengingatkan polri akan menghadapi tantangan yang semakin berat dan semakin kompleks mulai kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, kejahatan berimplikasi kontijensi sampai kejahatan terhadap kekayaan negara.

Menurut Presiden Jokowi, potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri juga perlu terus diwaspadai, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2020. Selain tugas yang sama pernah dilakukan di Pilkada serentak 2017 dan 2018, kali ini Polri juga harus menjaga protokol kesehatan.

“Saya tahu tugas ini tidaklah mudah namun saya yakin Polri TNI serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” katanya.



Sumber: BeritaSatu.com