Pemangkasan Eselon Ditargetkan Rampung Akhir 2020

Pemangkasan Eselon Ditargetkan Rampung Akhir 2020
Ilustrasi aparatur sipil negara. (Foto: Antara)
Carlos KY Paath / CAR Senin, 6 Juli 2020 | 14:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemangkasan eselon Aparatur Sipil Negara (ASN) ditargetkan rampung pada akhir 2020. Proses pemangkasan ASN hingga Juni 2020 baru mencapai 60%.

Demikian dikemukakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo saat rapat kerja dengan Komisi II DPR, di Ruang Rapat Komisi II, Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (6/7/2020).

“(pemangkasan ASN) kita targetkan Desember tahun ini selesai walaupun ada pandemi Covid-19, tapi kita yakin ini selesai,” ungkap Tjahjo.

Tjahjo mengungkap jumlah ASN sampai Juni 2019 sebanyak 4,2 juta orang. Berdasarkan itu, total eselon III mencapai 98 ribu orang, dan eselon IV ada 27 ribu orang. Tjahjo menuturkan, berbagai mekanisme untuk pengalihan eselonisasi III dan IV telah dilakukan.

Misalnya identifikasi jabatan administrasi pada unit kerja yang dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kempan-RB). Pemetaan jabatan dan pejabat administrasi yang terdampak pun sudah dilakukan.

Menurut Tjahjo pemangkasan eselon III, IV dan V membutuhkan kenaikan anggaran bagi jabatan fungsional ASN sebesar Rp5,3 triliun. “Kita hitung kalau akhir tahun ini selesai, maka tahun depan kita perlu anggaran untuk jabatan fungsional yang dulu eselon III, IV, dan V itu akan meningkat Rp5,3 triliun,” ucap Tjahjo.



Sumber: BeritaSatu.com