Data Pribadi Denny Siregar Bocor, KPN Minta Diusut Tuntas

Data Pribadi Denny Siregar Bocor, KPN Minta Diusut Tuntas
Ilustrasi Handphone. (Foto: Antara / M Risyal Hidayat)
Asni Ovier / AO Kamis, 9 Juli 2020 | 20:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Komite Penggerak Nawacita (KPN) meminta jajaran dewan direksi dan Komisaris PT Telkom mengusut tuntas kasus bocornya data pribadi milik Denny Siregar. Sebagai induk dari Telkomsel, PT Telkom diminta untuk terlibat aktif dalam mengungkap kasus ini.

“Kami mendukung sepenuhnya penuntasan secara hukum atas kasus dugaan pencurian dan penyebarluasan data pribadi pelanggan Telkomsel, terutama yang menimpa Denny Siregar. Sambil mengikuti dan mendorong penuntasan kasus tersebut, KPN meminta agar jajaran komisaris dan direksi PT Telkom sebagai induk perusahaan Telkomsel, terlibat aktif dalam penyelesaian kasus tersebut,” ujar perwakilan KPN, Pitono Adhi di Jakarta, Kamis (9/7/2020).

Dikatakan, pimpinan perusahaan perlu memberikan sanksi tegas dan terukur kepada mereka yang terbukti melakukan pelanggaran. Langkah nyata segenap pimpinan perusahaan juga diperlukan guna memastikan agar peristiwa serupa tidak terulang di kemudian hari.

Sebagai badan usaha milik negara (BUMN), sudah selayaknya bila PT Telkom sebagai induk dari PT Telkomsel menaruh perhatian yang serius terhadap kasus ini. Perhatian serius diikuti dengan langkah-langkah nyata sebagai wujud kepedulian negara, yang dalam hal ini direpresentasikan oleh BUMN PT Telkom, dalam upaya melindungi kerahasiaan data pribadi warga negara.

“Kami berharap surat terbuka ini kami mendapat perhatian serius dari jajaran dewan komisaris dan dewan direksi PT Telkom,” ujar Pitono Adhi.

Sebelumnya, Denny Siregar mengungkapkan bahwa data pribadinya telah dibeberkan oleh akun Twitter @Opposite6891. Atas hal itu, Denny pun meminta tanggung jawab dari operator Telkomsel.

Teman2, dari kasus ini, ternyata kita baru tahu kalau data diri kita sangat rentan disadap. Contoh dr @opposite6891 ini, bgt mudah dia dpt data ttg saya. Sy menuntut jawaban dr @Telkomsel & @kemkominfo. Ini mengerikan. Bisa saja terjadi pd anda dan keluarga anda," ujar Denny lewat akun Twitter-nya.

Sebelumnya, pihak Telkomsel menyatakan bahwa mereka selalu memprioritaskan perlindungan seluruh data pelanggan.

“Bagi kami, perlindungan data pelanggan selalu menjadi prioritas yang paling utama. Kami senantiasa memastikan keamanan data dan kenyamanan seluruh pelanggan dalam berkomunikasi,” ujar Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, Senin (6/7).



Sumber: BeritaSatu.com