Eks Wali Kota Medan Mulai Jalani Hukuman di Lapas Tanjung Gusta

Eks Wali Kota Medan Mulai Jalani Hukuman di Lapas Tanjung Gusta
Wali Kota Medan Tengku Dzulmi Eldin (tengah) mengenakan rompi oranye usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (17/10/2019). KPK menahan Tengku Dzulmi Eldin karena terlibat dalam kasus dugaan penerimaan suap proyek dan jabatan oleh Wali Kota Medan 2014-2015 dan 2016-2021 serta menyita barang bukti uang sebesar Rp 200 juta. (Foto: ANTARA FOTO / M Risyal Hidayat)
Fana F Suparman / WM Kamis, 16 Juli 2020 | 20:45 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Jaksa Eksekutor pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin ke Lapas Tanjung Gusta, Medan, Kamis (16/7/2020).

Eksekusi ini dilakukan setelah perkara suap terkait proyek dan jabatan di lingkungan pemerintahan Kota Medan tahun anggaran 2019 yang menjerat Dzulmi Eldin berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

"Hari ini, Jaksa Eksekusi KPK telah melaksanakan eksekusi putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor: 18/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Mdn tanggal 11 Juni 2020 atas nama terdakwa Dzulmi Eldin yang telah berkekuatan hukum tetap dengan cara memasukkan terdakwa Dzulmi Eldin ke Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, Kamis (16/7/2020).

Di Lapas Tanjung Gusta, Dzulmi Eldin bakal menjalani hukuman sesuai putusan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan.

Diketahui, Dzulmi Eldin dihukum enam tahun pidana penjara dikurangi masa tahanan.

"Untuk menjalani pidana penjara selama enam tahun dikurangi selama berada dalam tahanan," kata Ali.

Selain pidana penjara, Dzulmi juga dihukum membayar denda sejumlah Rp 500 juta subsider 4 bulan kurungan serta hukuman tambahan berupa pencabutan hak politik selama empat setelah menjalani pidana pokok.



Sumber: BeritaSatu.com