Pengembang Optimistis Industri Properti Bertumbuh

 Pengembang Optimistis Industri Properti Bertumbuh
EDO / FER Rabu, 26 November 2014 | 20:35 WIB

Jakarta – Pengembang properti optimistis dukungan pemerintah mendorong pertumbuhan bisnis properti di Indonesia. Pemerintah berjanji mempermudah pengurusan perizinan sektor properti.

"Dukungan pemerintah menumbuhkan optimisme industri properti untuk tetap tumbuh signifikan. Dengan itu, saya yakin sektor properti akan makin diminati sebagai pilihan investasi terbaik," ucap Direktur Utama PT Pancanaka Indonesia, Muhammad Sulhan Fauzi, dalam publikasinya di Jakarta, Selasa (25/11).

Anak usaha Pancanaka Property Group itu merespons merespons pernyataan Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) di Jakarta, pekan lalu.Menpupera mengatakan, sesuai instruksi Presiden, persoalan perizinan akan disederhanakan menjadi layanan one stop service.

Basuki mengatakan, selama ini pengembang harus mengantongi sedikitnya 28 jenis perizinan untuk dapat menjalankan kegiatan bisnis properti sehingga perlu disederhanakan. “Saya akan sederhanakan. Tapi yang terpenting prosesnya tetap sesuai peraturan,” ujarnya.

Menurut Sulhan Fauzi, di tengah kondisi yang sedang berkontraksi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dan lonjakan suku bunga bank. “Saya yakin industri properti tetap menjanjikan pertumbuhan yang signifikan,” katanya.

Dia mengatakan, pelaku bisnis properti sudah belajar dari era krisis dan era bertumbuh. “Berdasarkan pengalaman, investasi properti tetap memberikan keuntungan paling tinggi. Apalagi kalau kita jeli melihat properti, bukan sekadar lokasi, melainkan juga momentum dan aksesibilitasnya,” ujar Sulhan Fauzi.

Pancanaka Property Group adalah holding bisnis yang mengembangkan berbagai proyek real-estat di sejumlah wilayah di Tanah Air. Proyek yang dikembangkannya, antara lain kondotel Vista Verde di Balikpapan, Kalimantan Timur, Aston Banjarbaru Hotel & Convention Center di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, dan proyek apartemen menengah LA City di Jakarta Selatan.

Pengembang properti ini juga segera merilis Core Sky Residence & Office yang berlokasi di Sentra Primer Jakarta Timur. Proyek paling anyar yang dikembangkan melalui bendera PT Pancanaka Indonesia ini bakal menghadirkan hunian vertikal yang dipadukan dengan unit-unit komersial bagi segmen pasar kelas menengah atas.

“Proyek ini dibuat sedemikian rupa supaya sangat human-centric dan human-spirit, demi memaksimalkan kenyamanan, kemanfaatan, dan nilai investasi”, kata dia.

Sumber: Investor Daily