Jokowi Minta Kepala Daerah Perkuat Data Informasi Pangan

Jokowi Minta Kepala Daerah Perkuat Data Informasi Pangan

Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:28 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepala daerah untuk semakin memperkuat data informasi pangan. Data ini dapat digunakan untuk mengantisipasi krisis pangan sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Jokowi mengingatkan kembali Organisasi Pangan Dunia (FAO) telah memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 bisa menimbulkan krisis pangan. Karena itu, Jokowi meminta gubernur, bupati dan wali kota agar betul-betul memperhatikan ketersediaan pangan di wilayah masing-masing.

“Dalam hal ketersediaan pangan, Saya minta gubernur, bupati, wali kota agar hati-hati. Sekali lagi, hati-hati. Ketersediaan data yang valid sangat penting untuk merumuskan kebijakan yang tepat. Segera perkuat data informasi pangan,” kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2020, Kamis (22/10/2020).

Menurut Jokowi, pemerintah pusat sudah mempunyai pusat informasi harga pangan strategis. Karena itu, khusus untuk daerah, Jokowi mengharapkan bisa dikembangkan jenis data dan informasi pangan yang penting lainnya.

“Sinergikan dengan data-data yang ada di daerah. Buat neraca pangan yang akurat agar jika ada persoalan kekurangan pangan bisa kita cepat dapat atasi,” ujar Jokowi.

Ditegaskan Kepala Negara, data produksi dan konsumsi yang akurat sangat penting. Karena berdasarkan data tersebut, pemerintah dapat mengetahui lebih cepat mana provinsi yang kekurangan pangan dan mana provinsi yang kelebihan pangan.

“Berdasarkan data tersebut, perdagangan antar daerah bisa didorong dan kerja sama antar daerah bisa diperkuat,” terang Jokowi.

Selain memperkuat data informasi pangan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta kepala daerah terus memberikan informasi yang positif dan optimistis kepada masyarakat.

“Selain data saya minta gubernur, bupati dan wali kota perlu terus memberikan tone yang positif. Yang optimis pada masyarakat,” ungkap Jokowi.

Kepala daerah harus menyampaikan perkembangan kebijakan dan langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 setiap saat. Harus menjelaskan program pemulihan ekonomi nasional yang sudah dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Termasukan bantuan, stimulus, dan hibah yang sudah digulirkan dan kepada siapa saja. Juga menggandeng tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk membangun semangat optimisme di tengah masyarakat. Serta mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling mengingatkan, dan gotong royong dalam menghadapi situasi yang sulit ini.

“Bangun harapan, bahwa dengan bersatu kita akan bisa melalui semua ini. Saya yakin insyaAllah dengan semangat itu, kesehatan kita cepat pulih dan ekonomi kita segera bangkit,” tegas Jokowi.



Sumber:BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Puan Maharani: Hari Santri Nasional Momentum Perkuat Gotong Royong

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap Hari Santri Nasional menjadi momentum untuk memperkuat gotong royong dalam menghadapi berbagai tantangan.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Polisi Kerahkan Anjing Pelacak Cari 3 Bocah Hilang di Langkat

Ketiga orang bocah itu dinyatakan hilang sejak Minggu (18/10/2020).

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Hasil Survei, Kesadaran Warga Bengkulu Terapkan Protokol Kesehatan Masih Rendah

Indikasi tersebut didasari dari hasil survei yang dilakukan di 10 kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Satgas Covid-19 Medan Razia Protokol Kesehatan di Kantor Pemerintahan

Satgas Covid-19 sudah melaksanakan operasi yustisi di Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Dulu Penuh Ranjau, Jembatan Teluk Kendari Kini Jadi Ikon Baru Sultra

Setelah 5 tahun, Jembatan Teluk Kendari sepanjang 1,34 kilometer telah berdiri dengan megah dan siap menjadi ikon baru Provinsi Sultra, khususnya Kota Kendari.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

46% Warga Minahasa Utara Pilih Joune Ganda-Kevin Lotulung di Pilkada

Elektabilitas paslon Joune JE Ganda - Kevin W. Lotulung terus melejit menempati posisi teratas.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Hari Santri Nasional, Partai Emas Harapkan Santri Bisa Amalkan Ilmu di Masyarakat

Ketua Umum Partai Emas Hasnaeni berharap, ke depan para santri bisa terus mengamalkan ilmu yang didapatkan di pesantren.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Pemprov Bengkulu Alokasikan Rp 17,6 Miliar untuk Subsidi BPJS

Pemprov Bengkulu mengalokasikan dana APBD sebanyak Rp 17,6 miliar untuk subsidi BPJS Kesehatan 733.761 warganya yang kurang mampu.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Amerika dan Tiongkok Berniat Seret Indonesia dalam Konflik Geopolitik

Jika tidak hati-hati maka Indonesia bisa saja terseret dalam kepentingan dua negara tersebut.

NASIONAL | 22 Oktober 2020

Dijadikan Alat Kampanye, Lantamal Belawan Protes Akhyar Nasution

Lantamal I Belawan menyampaikan keberatan atas video kampanye yang menampilkan video visual prajurit Angkatan Laut menggendong Akhyar saat di Medan Utara.

NASIONAL | 22 Oktober 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2020 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS