BIGREDS Menjembatani Indonesia dan Liverpool FC

BIGREDS Menjembatani Indonesia dan Liverpool FC
BIGREDS mendukung Liverpool dari Indonesia. ( Foto: EPA )
Selasa, 13 Maret 2012 | 13:24 WIB
Berawal dari kecintaan bersama terhadap klub raksasa Inggris Liverpool FC, sebuah kelompok yang berdiri tahun 1999 berusaha mendekatkan klub Merseyside tersebut dengan Indonesia.

Kelompok tersebut dinamakan Bold Indonesian Group of Reds Supporters, atau yang lebih sering dikenal sebagai BIGREDS.

“Tujuan awalnya sederhana. Sebagai wadah berkumpulnya pendukung Liverpool FC di Indonesia,” ujar Fajar Nugraha, presiden BIGREDS IOLSC, kepada Beritasatu.com.

“Lalu kemudian berkembang menjadi wadah official yang dapat menjembatani komunikasi pendukung Liverpool di Indonesia langsung dengan klub.”

Sejak tahun 2004, BIGREDS diakui sebagai satu-satunya fans klub resmi Liverpool  di Indonesia.

“Kami ditunjuk secara resmi sebagai perwakilan untuk pengembangan fan base di Indonesia,” kata Fajar.

“Minggu lalu, kami baru saja meeting langsung bersama beberapa pihak, termasuk owner, di kantor Livepool FC di Inggris untuk menyampaikan apa yang telah dijalankan dan merencanakan apa yang dapat lebih dikembangkan untuk Liverpool FC di Indonesia.”

Sebagai fans klub resmi, BIGREDS mendapatkan beberapa keuntungan yang bisa dibagi dengan anggota-anggotanya, kata Fajar.

Beberapa diantaranya adalah akses komunikasi langsung ke perwakilan Liverpool, alokasi tiket pertandingan  secara khusus, mefasilitasi tur dari Indonesia ke Anfield pada pra-musim dan akses langsung jika ada bintang atau legenda the Reds hadir ke Indonesia.

BIGREDS, yang didirikan tahun 1999 di Bandung, Jawa Barat, juga merupakan partner strategis di Liverpool FC International Football Academy and Soccer Schools.

Tersebar disetidaknya 24 kota, fans klub Steven Gerrard dan kawan-kawan ini sudah memiliki sekitar 3,000 anggota resmi.

Sementara di dunia maya, akun Twitter @BIGREDS_IOLSC sudah  memiliki sekitar 17,000 followers dan setidaknya 15,000 pengguna Facebook sudah “like” halaman organisasi tersebut.

Aktivitas dari kelompok ini berkisar dari nonton bareng sampai main futsal bareng.

Disitus resmi BIGREDS (www.big-reds.org), mereka yang mencintai juara liga inggris 18 kali tersebut bisa berbagi pikiran di forum dan baca artikel-artikel tentang klub asuhan Kenny Dalglish.

BIGREDS pun memiliki cita-cita yang cukup tinggi.

“Yang terus akan kita lakukan adalah membuat karya-karya breakthrough dan inovatif sehingga dapat memberkan kontribusi secara nyata kepada Liverpool FC dan juga perkembangan sepak bola nasional,” kata Fajar.

“Dan juga, kami ingin membawa Liverpool FC untuk dapat hadir di Indonesia dengan karya dan usaha yang kita buat.”