Sebelum Desember 2019, Persija Melantai di Bursa Saham

Sebelum Desember 2019, Persija Melantai di Bursa Saham
Pemain Persija Jakarta berselebrasi usai keluar sebagai juara Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 9 Desember 2018. ( Foto: BeritaSatu Photo / Joanito De Saojoao )
/ YUD Sabtu, 9 Februari 2019 | 20:56 WIB

Jakarta, Beritasatu.com  - Persija Jakarta, klub anggota Liga 1 Indonesia, mulai melantai di bursa saham dengan melakukan penawaran umum perdana (IPO) sebelum Desember 2019, demikian diungkapkan Direktur Utama Persija Kokoh Afiat.

"Kami memperkirakan sebelum akhir Desember 2019 IPO ini terjadi. Persija ingin menjadi klub yang lebih maju, besar, dan transparan," ujar Kokoh di Jakarta, Sabtu (9/2).

Kokoh melanjutkan, dengan berada di bursa saham, Persija berharap dapat menambah pundi-pundi pendapatan mereka yang beberapa tahun terakhir dinilai "merah". Hampir setiap tahun, pendapatan klub berjuluk Macan Kemayoran itu disebut lebih kecil dari pembiayaan.

"Alhamdulillah tahun 2018 buku keuangan Persija sudah mulai 'biru' walaupun arus kas atau cash flow masih minus karena pendapatan-pendapatan dari PT Liga Indonesia Baru belum bisa ditunaikan. Baru sebatas komitmen," tutur Kokoh.

Menurut dia, kondisi keuangan yang sehat merupakan hal paling penting dari sebuah klub. Tanpa keuangan yang stabil, klub sulit beroperasi dan meraih prestasi.

"Bahkan dalam masa persiapan sebelum kompetisi, tim perlu dukungan finansial yang sehat. Saya pikir itu dapat dicapai dengan dukungan modal dari masyarakat," kata Kokoh.

Persija pun sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan keinginan IPO, termasuk melakukan audit dan menempatkan sosok-sosok profesional di jajaran manajerial. Jika rencana melantai di bursa saham terwujud, Persija akan menjadi klub pertama di Indonesia yang berhasil melakukannya. Pihak Persija pun berharap langkah mereka untuk IPO ditiru klub-klub lain di Tanah Air.

"Dengan berada di bursa saham, masyarakat dapat mengikuti saham Persija dan menjadi lebih percaya tata kelola di dalam klub. Mudah-mudahan langkah ini menular ke klub Indonesia lainnya," ujar Kokoh. 



Sumber: ANTARA