Piala AFF U-18

Imbang Lawan Myanmar, Indonesia Juara Grup

Imbang Lawan Myanmar, Indonesia Juara Grup
Gelandang Indonesia Beckham Putra Nugraha (tengah) berusaha melewati dua pemain Myanmar Naung Soe (kanan) dan Khun Kyaw (kiri) saat bertanding pada penyisihan Grup A Piala AFF U-18 2019 di Stadion Thong Nhat, Ho Chi Minh, Vietnam, Rabu (14/8/2019). ( Foto: ANTARA FOTO / Yusran Uccang )
Jaja Suteja / JAS Rabu, 14 Agustus 2019 | 17:16 WIB

Ho Chi Minh City, Beritasatu.com - Timnas Indonesia U-18 akhirnya menjadi juara Grup A setelah dalam laga terakhir penyisihan bermain imbang 1-1 melawan Myanmar dalam Piala AFF U-18, Rabu (14/8/2019). 

Indonesia mengakhiri penyisihan grup bertengger di urutan pertama dengan raihan 13 poin. Myanmar juga memetikpoin yang sama namun mereka kalah selisih gol dibanding Indonesia.

Setelah lima kali bermain Indonesia menghasilkan 20 gol dan kebobolan empat gol. Sementara Myanmar cuma memproduksi 11 gol dan kemasukan tga gol.

Di semifinal, Indonesia akan menghadapi runner up Grup B. Masih ada tiga tim di Grup B yang berpeluang lolos ke semifinal yakni Malaysia, Australia, dan Vietnam. Setelah masing-masing menyelesaikan empat laga, Malaysia dan Vietnam sama-sama telah meraih sembilan poin sementara Vietnam tujuh. 

Dalam pertandingan terakhir penyisihan Grup B, Kamis (15/8/2019), Malaysia akan menghadapi Thailand yang kini menempati posisi juru kunci, Australia bertemu Singapura, sedangkan Vietnam berduel dengan Kamboja.

Melawan Myanmar, Indonesia tertinggal lebih dulu setelah gawang Muhammad Adisatryo dibobol Hein Htet Aung pada menit ke-50. Hein berhasil memanfaatkan dengan baik umpan silang menyusur tanah yang dikirim rekannya.

Namun pasukan Garuda Nusantara yang tampil dominan dalam pertandingan ini tidak lantas putus asa. Mereka terus berupaya untuk bisa mencetak gol balasan.

Upaya tersebut akhirnya terwujud pada menit ke-68. Gol berawal dari pelanggaran yang dilakukan pemain Myanmar. Indonesia pun mendapat tendangan sedikit di luar kotak penalti. 

Kapten Tim Indonesia, Risky Ridho Ramadhan, ternyata mampu memaksimalkan peluang ini. Dia melepaskan tendangan kaki kanan yang melewati pagar pemain lawan dan membuat kiper Myanmar tak mampu mengantisipasi. Skor 1-1 ini bertahan hingga pertandingan usai. 

Partai semifinal akan digelar pada 17 Agustus mendatang di Stadion Go Dau, Thu Dau Mot. 



Sumber: BeritaSatu.com