Indra Sjafri Sangat Kehilangan Todd Ferre

Indra Sjafri Sangat Kehilangan Todd Ferre
Pesepak bola Timnas U-19 Indonesia Rivaldo Todo Ferre (ketiga kiri) berusaha melewati hadangan pesepak bola Timnas U19 Cina pada laga PSSI Anniversary U-19 Tournament 2018 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/9). Timnas U19 Indonesia dikalahkan Cina U-19 dengan skor 0-3. ( Foto: ANTARA FOTO / Yulius Satria Wijaya )
/ JAS Rabu, 6 November 2019 | 18:54 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengakui bahwa dirinya sangat kehilangan sosok pemain sayap Todd Rivaldo Ferre yang tak bisa memperkuat timnya untuk SEA Games 2019 karena cedera.

“Todd itu pemain penting,” ujar Indra di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Meski demikian, pelatih asal Sumatera Barat itu menyadari bahwa dirinya hanya bisa membawa pemain yang 100 persen fit ke SEA Games.

Todd, kata Indra, secara resmi sudah dikembalikan oleh PSSI ke klubnya Persipura. Dalam surat itu dipaparkan kondisi Todd hasil diagnosis dokter timnas U-22.

Indra sendiri enggan memberitahukan cedera tersebut karena merasa tidak memiliki kapasitas untuk menerangkan kondisi medis.

Indra Sjafri pun menyayangkan Todd Ferre kerap dimainkan di Liga 1 Indonesia 2019 oleh klubnya Persipura meski ada keterangan cedera dari dokter timnas.

Meski divonis cedera dari timnas, Todd Ferre menjadi salah satu pilar utama Persipura di Liga 1. Terakhir dia bermain dalam laga kontra Madura United, Minggu (3/11/2019). Ketika itu, pesepakbola asal Papua tersebut merumput di babak kedua menggantikan Ian Louis Kabes.

"Saya sebagai pelatih waswas melihat pemain yang diminta dokter untuk jangan bermain dahulu, tetapi dipaksakan berlaga,” tutur pria asal Sumatera Barat itu.

Todd Rivaldo Ferre menjadi salah satu pemain paling menonjol di timnas U-19 pada tahun 2018 saat masih ditangani Indra Sjafri.

Pemain yang kerap diturunkan di babak kedua ini mencetak tiga gol di Piala Asia U-19 tahun 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Menariknya, tiga gol tersebut dilesakkan di satu laga, yakni kontra Qatar di fase grup.

Dokter timnas U-22 Indonesia Syarif Alwi akhir Oktober 2019 pernah menyatakan bahwa Todd Ferre mengalami cedera pergelangan kaki ketika berada di pemusatan latihan.

Akan tetapi, Syarif menyebut Todd memilih untuk pulang daripada memeriksa lebih lanjut cederanya.

“Ketika kami mau melakukan pemindaian cederanya dengan MRI, dia meminta pulang,” kata pria yang disapa Papi itu.



Sumber: ANTARA