PSSI Bidik Emas SEA Games 2019

PSSI Bidik Emas SEA Games 2019
Pemain Timnas U-23 Indonesia Egy Maulana Vikri (kedua kanan) menendang bola saat latihan. ( Foto: Antara )
Hendro D Situmorang / CAH Kamis, 7 November 2019 | 07:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan atau Iwan Bule mematok target tinggi di ajang SEA Games 2019 Manila yang berlangsung 30 November-11 Desember mendatang. Dia membidik timnas putra bisa merebut medali emas.

"Target SEA Games 2019 timnas Indonesia U-23 adalah medali emas. Mudah-mudahan kita bisa memenuhi target di SEA Games. Untuk itu kita perlu mematangkan persiapan tim," tegasnya usai bertemu dengan pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Iwan berharap squad Garuda bisa meraih hasil maksimal di SEA Games 2019. Ia dan beberapa pengurus PSSI juga akan datang ke Manila, Filipina untuk memberikan dukungan langsung pada para pemain yang punya mental tinggi untuk tampil maksimal.

Saat ini Tim nasional Indonesia tengah mematangkan persiapan menuju SEA Games 2019 dengan menggelar laga uji coba internasional. Tim nasional putra akan menjalani dua laga uji coba melawan Iran pada 13 November 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali dan di Pakansari Bogor pada 16 November 2019.

Pelatih timnas U-23, Indra Sjafri mengatakan Timnas U-23 sendiri memang sedari awal sudah ditargetkan untuk meraih emas dalam gelaran multievent dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut. Diakui target juara memang sudah tidak di ketua umum baru lagi dan memang dari awal ia menerima kontrak (Timnas U-23) dengan target sudah medali emas.

"Evaluasi target itu tidak ada. Maka kita datang ke Filipina untuk medali emas karena ini sudah terlalu lama dan ini wajar untuk kita punya cita-cita itu. Semoga kita bisa dapat emas. Untuk target tim dalam setiap turnamen harus bertahap, tak terkecuali di SEA Games 2019. Oleh karena itu, di turnamen multi event tersebut ia ingin fokus dari satu pertandingan ke pertandingan lain yakni lolos grup lalu semifinal. Setelah itu baru final, setelah itu baru juara," ungkap dia.

Saat ini Timnas Indonesia U-23 sedang menjalani pemusatan latihan sebelum bertolak ke Manila, Filipina pada 19 November mendatang. Dalam waktu dekat, Tim Garuda Muda juga akan melakoni dua laga coba kontra Iran. Uji coba ini akan berlangsung dua kali di Stadion I Wayan Dipta, 13 November dan Stadion Pakansari, 16 November.

Timnas Indonesia U-23 akan bertemu lawan-lawan sulit pada penyisihan grup SEA Games 2019 karena berada satu grup dengan Thailand, Vietnam, Laos, Singapura, dan Brunei Darussalam di Grup B. Sementara itu, Grup A ditempati tuan rumah Filipina, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.



Sumber: Suara Pembaruan