Jonan Minta BPH Migas Kawal BBM Satu Harga

Jonan Minta BPH Migas Kawal BBM Satu Harga
Ilustrasi SPBU ( Foto: Antara/Fanny Octavianus )
Rangga Prakoso / WBP Jumat, 26 Mei 2017 | 17:37 WIB

Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik sembilan pejabat Badan Pengatur Kegiatan Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) serta lima pejabat Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

"Saya ucapkan selamat atas pengangkatan anggota Komite BPH Migas oleh bapak Presiden dan juga atas pengangkatan pimpinan SKK Migas yang dilantik pada hari ini," kata Jonan dalam sambutannya di Jakarta, Jumat (26/5).

Jonan memberikan arahan kepada 14 pejabat yang dilantik tersebut. Bagi para pejabat BPH Migas, dia meminta agar mengevaluasi kembali harga distribusi gas. Evaluasi tersebut dilakukan bersama jajaran Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM. Selain itu Jonan meminta BPH Migas untuk mengawal program pemerintah terkait BBM satu harga. "Membuat biaya transmisi distribusi gas itu bisa reasonable. Saya orang yang diperintah Presiden membuat efisiensi yang besar di sektor ini," ujarnya.

Sedangkan bagi para pejabat SKK Migas, Jonan meminta efisiensi pada cost recovery. Menurutnya membengkak cost recovery tidak sebanding dengan tingkat produksi migas. Seharusnya peningkatan cost recovery membuat produksi pun terkerek. "If you cannot reduce cost, you are useless. Kalau bisnis nggak bisa ngatur harga jual ya ngatur cost supaya efisien," tegasnya.

Selain itu dia meminta jajaran SKK Migas untuk lebih mempercepat proses perizinan migas. Pasalnya dia kerap mendengar pelaku usaha yang mengeluhkan lambannya proses perizinan. "Saya tidak minta produksi lebih tinggi. Itu nanti dengan KKKS. Tapi bapak harus jagain supaya lebih efisien. Kalau hulu migas tidak efisien, nanti yang lainnya sangat tidak efisien," ujarnya.

Adapun ke-‎14 pejabat yang dilantik adalah;

Ketua BPH Migas Fanshurullah As
Direktur Bahan Bakar Minyak pada BPH Migas Henry Ahmad
Anggota Komite BPH Migas Ahmad Rizal
Anggota Komite BPH Migas Sumihar Panjaitan
Anggota Komite BPH Migas Hari Pratoyo
Anggota Komite BPH Migas Muhammad Ibdu Fajar
Anggota Komite BPH Migas Jugi Prajohjo
Anggota Komite BPH Migas Saryono Hadiwidjojo
Anggota Komite BPH Migas Marwansyah Lobo Balia

Wakil Kepala SKK Migas Sukandar
Sekretaris SKK Migas Arief Setiawan Handoko
Deputi Perencanaan SKK Migas Jaffe Arizon Suardin
Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman
Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas M. Atok Urrahman



Sumber: BeritaSatu.com