Kembangkan Industri Digital,

Kepala BKPM: Buka Coworking Space di Kota Kecil

Kepala BKPM: Buka Coworking Space di Kota Kecil
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong
/ GOR Senin, 22 Januari 2018 | 22:04 WIB

JAKARTA- Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mendukung UnionSPACE, perusahaan layanan ruang kerja atau coworking space untuk merambah ke kota-kota kecil di Indonesia.

"UnionSPACE ini angin besar bagi industri digital di Indonesia, terutama bagi bisnis startup yang saat ini tengah menanjak. UnionSPACE jangan hanya bisa fokus di kota besar, harus bisa buka di kota kecil agar startup bisa maju sampai ke kota kota kecil juga. Mereka membutuhkan wadah seperti UnionSPACE," kata Thomas ketika menghadiri acara Grand Launching UnionSPACE di Soehanna Hall, Kamis (18/1).

Thomas menuturkan, berkembangnya startup saat ini harus diimbangi dengan wadah yang mampu mengkolaborasikan berbagai elemen pendukung ekosistem.

"Para pengusaha terutama pegiat startup butuh wadah yang mampu mengkolaborasikan berbagai elemen pendukung bisnis untuk saling bekerja sama dan menginspirasi. Sekarang era kolaborasi, ini harus terus bekerja sama," papar mantan Menteri Perdagangan itu.

Thomas menyatakan dulu industri digital dan kreatif sangat dipandang sebelah mata, akan tetapi kini menjadi industri yang paling diminati masyarakat khususnya generasi milenial.

"Dulu industri ini tidak ada yang melirik, sekarang Presiden Jokowi bahkan yang paling mendukung. Industri digital merupakan masa depan Indonesia. Generasi milenial-lah yang akan memimpin sektor ini," ujar Thomas.

Di tempat yang sama, CEO UnionSPACE, Albert Goh menyatakan bahwa perkembangan bisnisnya tentu tidak berhenti di Jakarta, UnionSPACE yang kini didukung oleh Kejora Ventures dan Gan Konsulindo ini akan segera meluncurkan coworking space lainnya.

"Kita akan buka segera di Bandung, Jogja, Surabaya dan kota-kota lain tentunya, kami harapkan ada kerjasama dengan pemerintah daerah untuk kegiatan mendukung kewirausahaan di masing masing daerah. Hal yang sama telah kita lakukan dengan Pemprov DKI," tutup Albert.

Founding Partner Kejora Ventures, Andy Zain mengatakan banyak perusahaan perintis tangguh lahir dari kota kota kedua selain Jakarta, misalnya Surabaya, Bandung, Jogja, Malang dan Bali.

"Dengan unionSPACE hadir di kota kota tersebut kami berharap bisa lebih mudah dan lebih cepat menjangkau mereka," papar Andy.



Sumber: Investor Daily