MU Lunasi Kompensasi Mourinho Rp 268 Miliar, Madrid Menunggu

MU Lunasi Kompensasi Mourinho Rp 268 Miliar, Madrid Menunggu
Manajer Manchester United, Jose Mourinho, saat final Piala FA melawan Chelsea, Sabtu, 19 Mei 2018. ( Foto: AFP PHOTO / Ian Kington )
Heru Andriyanto / HA Kamis, 10 Januari 2019 | 19:13 WIB

Jose Mourinho sekarang sudah bisa kembali ke Real Madrid kalau dia mau, setelah Manchester United melunasi pembayaran £ 15 juta (Rp 268 miliar) sebagai kompensasi pemecatan dirinya bulan lalu, demikian diberitakan media setempat, Kamis (10/1).

Mengutip seorang sumber yang dekat dengan Mourinho, Daily Mail memberitakan bahwa kompensasi itu sudah dibayar lunas. Mourinho seharusnya menjabat pelatih United sampai musim 2019/20 dengan opsi perpanjangan.

"Sudah tidak ada masalah lagi dalam kontrak Jose dengan Manchester United. Semuanya sudah dibereskan," kata sumber tersebut seperti dikutip Daily Mail.

"Jose bisa bekerja di tempat lain sekarang, tetapi dia tidak buru-buru. Dia sangat rileks soal ini dan akan senang menunggu sampai akhir musim kalau perlu."

The Sun memberitakan bahwa United setuju membayar kompensasi setelah dalam dua setengah musim kiprah Mourinho dinilai mengecewakan. Agen Mourinho, Jorge Mendes, dan executive vice-chairman United Ed Woodward telah bertemu membahas masalah ini.

Setelah pelunasan, pria Portugal itu bisa kembali ke Madrid, jika klub tersebut memutuskan untuk memecat Santiago Solari yang kurang mengkilap kinerjanya.

Mourinho, 55, melatih Real Madrid periode 2010-2013 dengan satu gelar La Liga dan satu trofi Piala Liga, tetapi tim itu lebih sering berada di bawah bayang-bayang Barcelona. Sama seperti di Chelsea dan United, karir Mourinho di Madrid terhenti akibat hasil buruk dan sengketa di ruang ganti pemain.

Namun, Presiden Real Madrid Florentino Perez tampaknya masih menyukainya. Sekarang ini Madrid tertinggal 10 poin dari pemimpin klasemen Barcelona dan terancam gagal mengikuti Piala Champions musim depan. Kondisi ini membuat Solari benar-benar di bawah tekanan.

"Memang belum ada kontak, tetapi mereka (Madrid) masih berhubungan dengan Jose setelah (Julen) Lopetegui dipecat (akhir Oktober)," kata sumber Daily Mail.

"(Saat itu) dia menyampaikan ke mereka bahwa dia masih manajer Manchester United dan berkomitmen penuh pada klub itu."



Sumber: AFP