Menjamu Man United, Barca Tetap Waspada

Menjamu Man United, Barca Tetap Waspada
Barcelona vs Manchester United ( Foto: UEFA )
Jaja Suteja / JAS Selasa, 16 April 2019 | 08:37 WIB

Siaran Langsung, Rabu (17/4/2019) 02.00 WIB 

Barcelona, Beritasatu.com – Barcelona memang berada di atas angin setelah berhasil memetik kemenangan di kandang Manchester United pekan lalu. Namun pasukan Ernesto Valverde harus tetap waspada saat menjadi tuan rumah klub Inggris itu dalam leg kedua perempat final Liga Champions, Selasa (16/4/2019) atau Rabu dini hari WIB.

Meski mampu menaklukkan Manchester United, Barcelona hanya menang tipis 1-0. Gol penentu kemenangan tim Catalan ini terjadi lantaran bunuh diri Luke Shaw. Itu artinya, Barcelona tak bisa berleha-leha saat menjadi tuan rumah.

Memang Barcelona hanya butuh hasil seri dalam laga ini untuk merebut tiket ke semifinal. Namun Valverde pasti tak mau timnya cuma meraih hasil imbang.

Apalagi Manchester United pernah membuktikan diri sebagai tim yang tak gampang menyerah. Pada babak 16 lalu, mereka sempat kalah 0-2 di kandang sendiri. Namun saat tandang ke Paris Saint Germain (PSG), “Setan Merah” tampil maksimal dan menumbangkan PSG 3-1, dan sukses menyabet tiket babak delapan besar.

“Kami berhasil mencetak gol tandang namun pertandingan belum usai. Kami tak akan berspekulasi. Kami akan berusaha mencegah mereka mencetak gol dan kami yang mencetak gol. Prioritas kami adalah mencetak gol dan tidak berpikir kami telah unggul,” ungkap Valverde.

“Kami mewaspadai kekuatan Manchester United dan kami tak kan membiarkan lawan menerapkan permainan mereka. Mereka sangat bagus jika mendapat ruang,” imbuh Valverde.

Ousmane Dembele tampil pertama kalinya dalam sebulan terakhir saat Barcelona bermain imbang 0-0 di Huesca, akhir pekan lalu. Dia akan bersaing dengan Philippe Coutinho untuk memperebutkan satu tempat di lini depan guna mendampingi dua pemain yang sudah pasti menjadi starter Luis Suarez dan Lionel Messi.

Lini tengah Barcelona mengalami masalah saat menang 1-0 di Old Trafford. Ernesto Valverde mungkin akan menurunkan Sergi Roberto atau Arturo Vidal agar lini tengah lebih seimbang. Atau tetap dengan formasi seperti ketika bermain di Manchester yakni memainkan Ivan Rakitic, Sergio Busquets, dan Arthur.

Di kubu Manchester United, Luke Shaw tidak bisa mungkin diturunkan lantaran menjalani hukuman tak boleh tampil. Posisinya sebagai bek kiri tampaknya akan diisi oleh Ashley Young. Pemain berusia 33 tahun tersebut bakal beralih dari posisi yang biasa diperankannya yakni bek kanan.

Di sisi kanan pertahanan, manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, akan memberi kepercayaan kepada Diogo Dalot. Young dan Dalot akan mengapit dua bek tengah Victor Lindelof dan Chris Smalling.

Matteo Darmian kembali ke bangku cadangan saat menang atas West Ham United akhir pekan lalu. Dia akan menjadi pelapis bagi Dalot.

Nemanja Matic dikabarkan mulai pulih dan berpeluang diturunkan. Namun jika kondisinya belum 100 persen, Fred akan menggantikannya di lapangan tengah, menemani Scott McTominay dan Paul Pogba.

Kondisi Alexis Sanchez juga belum fit benar setelah mengalami cedera lutut. Namun dia kabarnya juga memiliki peluang diturunkan.

Scott McTominay dan Marcus Rashford diistirahatkan dalam pertandingan melawan West Ham akhir pekan lalu. Dalam partai di Camp Nou ini mereka akan kembali menjadi starter.

Solskjaer sendiri tetap yakin dengan peluang pasukannya melewati Barcelona. “Dalam sepakbola apapun bisa terjadi. Jika kami tak kebobolan maka peluangnya bakal imbang,” ungkapnya.

“Kami tahu bisa mencetak gol dari bola mati. Kami lebih bagus dibanding mereka dalam hal ini. Namun kami juga harus bertahan dengan baik,” ungkap pelatih asal Norwegia ini.

“Saya tak keberatan jika gol itu datang pada menit ke-93. Kami harus lebih fit dan terus berjuang,” imbuh Solskjaer.

Menurut Solskjaer, keyakinan akan menjadi kunci perjuangan mereka. “Keyakinan sangatlah berpengaruh. Semua memiliki talenta dan kemampuan tersendiri. Kita bisa melihat itu saat melawan PSG. Kami memiliki kemampuan untuk bangkit melawan tim top,” papar Solskjaer.

“Sejarah Barcelona adalah yang terbaik namun jika kami mengerahkan seluruh kemampuan dan berkonsentrasi lebih baik kami akan bisa lolos,” kata Solskjaer.

“Kami 'tertidur' sebentar di pertandingan pertama dan kebobolan. Jadi konsentrasi adalah kuncinya,” papar mantan pemain Manchester United ini.

Meski Manchester United pernah membuat keajaiban dengan lepas dari terkaman PSG, statistik menunjukkan Barcelona lebih unggul dibandingkan pemegang rekor juara Inggris itu dalam partai Camp Nou.

Dalam empat pertemuan kedua tim di Camp Nou Barcelona tak pernah kalah. Mereka meraih dua kemenangan dan dua partai lainnya berakhir seri.

Kemenangan di Old Trafford pekan lalu juga membuat Barcelona difavoritkan bakal melaju ke semifinal. Pasukan Valverde tak pernah kebobolan dalam tiga laga terakhir dan tak pernah kalah di kanndang sejak November.

Performa Manchester United juga jauh dari memuaskan dalam beberapa terakhir. Akhir pekan lalu mereka meraih kemenangan atas West Ham hanya karena lebih beruntung. Tim Solskjaer juga punya catatan buruk menjelang pertemuan lawan Barcelona. Mereka selalu kalah dalam tiga laga tandang di semua kompetisi.

Manchester United memang membuat keajaiban dengan melewati PSG di 16 besar. Namun kali ini di Camp Nou, mereka bakal kesulitan membuat hal serupa.

Perkiraan Susunan Pemain
Barcelona (4-3-3):
K: Marc Andre Ter Stegen
B: Nelson Semedo, Gerard Pique, Lenglet, Jordi Alba
T: Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur;
D: Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele
Pelatih: Ernesto Valverde

Manchester United (4-3-3):
K: David De Gea
B: Diogo Dalot, Victor Lindelof, Chris Smalling, Ashley Young;
T: Scott McTominay, Fred, Paul Pogba
D: Marcus Rashford, Romelu Lukaku, Anthony Martial
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Lima Pertandingan Terakhir Barcelona
14/03/19 Liga Champions Barcelona 5-1 Lyon
18/03/19 La Liga Real Betis 1-4 Barcelona
30/03/19 La Liga Barcelona 2-0 Espanyol
03/04/19 La Liga Villarreal 4-4 Barcelona
07/04/19 La Liga Barcelona 2-0 Atletico Madrid
11/04/19 Liga Champions Manchester United 0-1 Barcelona
13/04/19 La Liga Huesca 0-0 Barcelona

Lima Pertandingan Terakhir Manchester United
07/03/19 Liga Champions PSG 1-3 Manchester United
10/03/19 Premier League Arsenal 2-0 Manchester United
17/03/19 Piala FA Wolverhampton 2-1 Manchester United
30/03/19 Premier League Manchester United 2-1 Watford
03/04/19 Premier League Wolverhampton 2-1 Manchester United
11/04/19 Liga Champions Manchester United 0-1 Barcelona
13/04/19 Premier League Manchester United 2-1 West Ham United

Head to Head
01/04/19 Liga Champions Manchester United 0-1 Barcelona
27/07/17 Uji Coba Barcelona 1-0 Manchester United
26/07/15 Uji Coba Barcelona 1-3 Manchester United
09/08/12 Uji Coba Manchester United 0-0 P Barcelona
31/07/11 Uji Coba Barcelona 1-2 Manchester United
29/05/11 Liga Champions Barcelona 3-1 Manchester United
28/05/09 Liga Champions Barcelona 2-0 Manchester United
30/04/08 Liga Champions Manchester United 1-0 Barcelona
24/04/08 Liga Champions Barcelona 0-0 Manchester United



Sumber: UEFA