Tampil Gemilang, MU Hantam Chelsea dengan Skor Telak

Tampil Gemilang, MU Hantam Chelsea dengan Skor Telak
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, mengeksekusi tendangan penalti yang menghasilkan gol untuk timnya saat menjamu Chelsea, pada ajang Premier League, di Stadion Old Trafford, Minggu, 11 Agustus 2019. ( Foto: AFP PHOTO )
Jaja Suteja / JAS Senin, 12 Agustus 2019 | 00:24 WIB

Manchester, Beritasatu.com - Manchester United  tampil luar biasa dan sukses menghantam Chelsea 4-0 dalam laga pekan pertama Premier League, di Stadion Old Trafford, Minggu (11/8/2019). Marcus Rashford mencetak dua gol, sementara Anthony Martial dan Daniel James masing-masing satu.

Ini tentunya hasil yang sangat mengejutkan. Sebuah partai akbar ternyata berakhir dengan skor telak. Tak banyak yang memprediksi Manchester United akan menang dengan skor fantastis seperti ini atas Chelsea.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer, menurunkan formasi 4-2-3-1 dalam pertandingan di Manchester ini. Setelah membuang Romelu Lukaku, Solksjaer kini mengandalkan Marcus Rashford sebagai ujung tombak.

Penyerang berusia 21 tahun ini didukung trio Andreas Pereira, Jesse Lingard, dan Anthony Martial. David de Gea tetap menjadi andalan di bawah mistar.

Dua bek anyar Aaron Wan-Bissaka dan Harry Maguire langsung dipercaya tampil sebagai starter dalam partai perdana di musim baru ini. Maguire dipasangka dengan Victor Lindelof untuk mengawal jantung pertahanan. Sementara Luke Shaw berjaga di sisi kiri dan Wan-Bissaka di sisi kanan.

Dua gelandang Scott McTominay dan Paul Pogba ditempatkan di depan empat bek.

Sementara di kubu Chelsea, Lampard juga menerapkan formasi 4-2-3-1. Striker berusia 21 tahun yang musim lalu dipinjamkan ke Aston Villa, Tammy Abraham langsung dipercaya menjadi starter di posisi ujung tombak.

Pemain muda lainnya yakni Mason Mount juga menjadi starter dalam laga akbar ini. Pemain berusia 20 tahun ini menjadi satu dari tga pemain yang menopang Abraham bersama Ross Barkley dan Pedro.

Mateo Kovacic dan Jorginho berposisi di depan empat bek. Sementara posisi penjaga gawang tetap dipercayakan kepada Kepa Arrizabalaga.

Chelsea terlihat agresif pada menit-menit awal dan membuat dua peluang. Pada menit keempat, penyerang Chelsea, Tammy Abraham, nyaris menjebol gawang Manchester United namun tendangannya melenceng.

Delapan menit kemudian, Mason Mount juga mendapat peluang. Dia berhasil melepaskan tendangan keras ke arah gawang namun bisa diredam David de Gea.

Manchester United yang tampil bertahan justru kemudian unggul. Gol yang membawa tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer ini memimpin dilesakkan Marcus Rashford pada menit ke-18 dari titik penalti.

Wasit Anthony Taylor sempat meminta bantuan video assistant referee (VAR) setelah bek Chelsea, Kurt Zouma, terlihat melanggar Rashford di kotak terlarang.

Setelah VAR memastikan bahwa itu memang penalti, Rashford mengambil sendiri kesempatan ini. Tanpa kesulitan dia memperdaya kiper Kepa Arrizabalaga. Manchester United pun unggul 1-0.

Meski penguasaan bola lebih didominasi Chelsea, Manchester United kembali mendapat peluang pada menit ke-22. Setelah mendapat sodoran dengan sundulan dari Paul Pogba, Anthony Martial kemudian melepaskan tendangan dari sisi kiri.

Namun upayanya gagal membuahkan gol lantaran, Arrizabalaga mampu memblok tendangan ini. Tuan rumah pun gagal menambah keunggulan.

Pada menit ke-32, Pogba seharusnya menjebol gawang Chelsea. Dia menyundul umpan dari Martial. Sayang tandukannya melenceng ke sisi kiri.

Menit ke-36, giliran Chelsea mendapat peluang melalui aksi Pedro. Mantan pemain Barcelona ini melepaskan tendangan kaki kiri setelah mendapat sodoran dari Cesar Azpilicueta. Namun tendangannya bisa diredam David de Gea.

Skor 1-0 untuk keunggulan MU bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, gawang Chelsea kembali sempat terancam pada menit ke-54. Mendapat kiriman bola dari Harry Maguire, Rashford melepaskan tendangan keras. Namun bola berhasil diblok sehingga tak membuahkan gol.

Chelsea ganti menekan pada menit ke-56. Emerson melepaskan tendangan kaki kiri namun berhasil diselamatkan kiper De Gea. 

MU kemudian membuat kejutan dengan menjebol gawang Chelsea dalam waktu singkat. Pasukan Solskjaer sukses mencetak dua gol tambahan hanya dalam waktu dua menit.

Setelah gol pertama yang dicetak Marcus Rashford pada babak pertama dari titik penalti, MU kembali membobol gawang Chelsea masing-masing pada menit ke-65 dan 67.

Gol kedua dilesakkan Anthony Martial dengan kaki kiri pada menit ke-65. Pemain asal Prancis ini menjebol gawang tim tamu dari jarak dekat setelah memanfaatkan umpan silang dari Andreas Pereira.

Dua menit kemudian, Rashford mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Setelah mendapatkan sodoran dari Paul Pogba, jebolan akademi MU ini melepaskan tendangan dari luar kotak penalti dan membuat gawang Kepa Arrizabalaga bobol untuk ketiga kalinya.

Chelsea sebenarnya memiliki dua peluang melalui sundulan Kurt Zouma dan tendangan Emerson dari luar kotak penalti pada menit ke-70 dan 71. Namun kedua peluang itu gagal membuahkan gol.

Sekitar 10 menit sebelum pertandingan usai, Rashford kembali mengancam gawang Chelsea. Dia melepaskan tendangan kaki kanan dari tengah kotak penalti memanfaatkan bola kiriman Pogba. Namun tendangannya diblok dan Rashford pun gagal mencetak gol ketiganya.

MU ternyata tak puas hanya mencetak tiga gol. Hanya satu menit setelah upaya Rashford yang gagal, tuan rumah mencetak gol keempat.

Menyusul serangan balik yang cepat, Pogba mengalirkan bola kepada Daniel James. Pemain yang masuk menggantikan Andreas Pereira pada menit ke-74 ini tak menyia-nyiakan kesempatan dan sukses menjebol gawang Chelsea. MU pun unggul 4-0 dan bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan pemain:

Manchester United (4-2-3-1): 1 David de Gea; 29 Aaron Wan-Bissaka, 5 Harry Maguire, 2 Victor Lindelof, 23 Luke Shaw; 39 Scott McTominay, 6 Paul Pogba; 15 Andreas Pereira (21 Daniel James 74), 14 Jesse Lingard (8 Juan Mata 86), 9 Anthony Martial; 10 Marcus Rashford (26 Mason Greenwood 86).

Chelsea (4-2-3-1); 1 Kepa Arrizabalaga, 28 Cesar Azpilicueta, 4 Andreas Christensen, 15 Kurt Zouma, 33 Emerson; 5 Jorginho (7 N'Golo Kante 73), 17 Mateo Kovacic; 11 Pedro Rodríguez, 8 Ross Barkley (22 Christian Pulisic 58), 19 Mason Mount; 9 Tammy Abraham (18 Olivier Giroud 66).



Sumber: Sportinglife