ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

Israel Berang karena PBB Masukkan Reruntuhan Jericho Situs Warisan Dunia Palestina

Penulis: Surya Lesmana | Editor: LES
Senin, 18 September 2023 | 17:21 WIB
Situs arkeologi Tell es-Sultan di dekat Jericho, Tepi Barat pada Minggu 17 September 2023.
Situs arkeologi Tell es-Sultan di dekat Jericho, Tepi Barat pada Minggu 17 September 2023. (AP)

Jericho, Beritasatu.com - Sebuah komite PBB pada Minggu (17/9/2023), melakukan pemungutan suara untuk memasukkan reruntuhan prasejarah di dekat kota kuno Jericho di Tepi Barat sebagai Situs Warisan Dunia di Palestina. Keputusan itu membuat marah Israel, yang menguasai wilayah tersebut, dan tidak mengakui negara Palestina. .

Jericho adalah salah satu kota tertua yang masih dihuni di dunia, dan merupakan bagian dari Tepi Barat yang diduduki Israel, tetapi dikelola oleh otoritas Palestina yang diakui secara internasional. Daftar tersebut mengacu pada situs arkeologi Tell es-Sultan di dekatnya, yang berisi reruntuhan prasejarah yang berasal dari milenium kesembilan sebelum masehi (SM) dan berada di luar kota kuno itu sendiri.

Keputusan tersebut diambil dalam pertemuan Komite Warisan Dunia PBB di Riyadh, Arab Saudi, di bawah naungan Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB, UNESCO.

ADVERTISEMENT

Kementerian Luar Negeri Israel mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu yang mengatakan bahwa daftar tersebut merupakan taktik yang dilakukan oleh Palestina untuk memolitikkan UNESCO. Israel akan bekerja sama dengan sekutunya untuk membalikkan apa yang disebutnya sebagai keputusan yang menyimpang dari organisasi PBB tersebut.

Israel keluar dari UNESCO pada tahun 2019, setelah keberatan dengan penerimaan badan PBB tersebut terhadap Palestina sebagai negara anggota pada tahun 2011. Namun, Israel tetap menjadi pihak dalam Konvensi Warisan Dunia, dan Israel mengirimkan delegasi ke pertemuan tersebut di Riyadh .

Israel merebut Tepi Barat, bersama dengan Gaza dan Yerusalem timur, dalam perang Timur Tengah tahun 1967. Palestina menginginkan ketiga wilayah tersebut sebagai negara masa depan mereka. Israel memandang Tepi Barat sebagai pusat alkitabiah dan budaya bagi orang-orang Yahudi.

Tidak ada perundingan perdamaian yang serius atau substantif selama lebih dari satu dekade, dan Israel saat ini dipimpin oleh pemerintahan yang paling nasionalis dan religius dalam sejarahnya, membuat setiap langkah menuju negara Palestina hampir tidak terbayangkan.

Kota modern Jericho merupakan daya tarik utama pariwisata ke wilayah Palestina, baik karena situs bersejarahnya maupun kedekatannya dengan Laut Mati. Pada tahun 2021, Otoritas Palestina meluncurkan renovasi besar-besaran pada salah satu mosaik terbesar di Timur Tengah, di istana Jericho yang dibangun pada abad ke-8.

Tell es-Sultan, sebuah gundukan berbentuk oval, berisi bukti salah satu desa pertama yang diketahui umat manusia dan kota penting Zaman Perunggu yang berasal dari tahun 2600 SM. Letaknya sekitar 2 kilometer dari sisa-sisa kota pertama Jericho, yang berisi reruntuhan penting bagi sejarah Yahudi, termasuk sinagoga yang berasal dari abad pertama SM

UNESCO, yang menyebut situs tersebut sebagai Jericho Kuno/Tell es-Sultan, bersusah payah mengklarifikasi bahwa keduanya berbeda.

“Properti yang diusulkan untuk nominasi adalah situs arkeologi prasejarah Tell es-Sultan yang terletak di luar situs antik Jericho,” kata Ernesto Ottone, asisten direktur jenderal UNESCO.

“Perkembangan sejarah selanjutnya, yang berlangsung selama ribuan tahun dan ditunjukkan oleh sisa-sisa material di luar batas Tell as-Sultan, merupakan konteks budaya yang kaya, bernilai sejarah dan pelestarian, yang mencakup antara lain warisan Yahudi dan Kristen. Namun, hal ini bukanlah fokus dari nominasi yang diusulkan,” kata Ernesto Ottone.

Warisan sejarah telah lama menjadi salah satu titik konflik dalam konflik Israel-Palestina, di mana Kedua belah pihak menggunakan arkeologi dan konservasi untuk menunjukkan apa yang mereka katakan sebagai hubungan unik mereka dengan Tanah Suci.

Otoritas Palestina, yang diakui oleh PBB sebagai negara pengamat non-anggota, menyambut baik penunjukan Tell es-Sultan.

Presiden Mahmoud Abbas mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa itu “memberikan kesaksian atas keaslian dan sejarah rakyat Palestina”. Dia menambahkan,"Negara Palestina berkomitmen untuk melestarikan situs unik ini demi kepentingan umat manusia.”

Sampai saat ini belum ada komentar langsung dari Israel.

UNESCO yang berbasis di Paris memulai Daftar Warisan Dunia pada tahun 1978. Daftar ini mencakup lebih dari 1.000 situs, mulai dari Acropolis di Athena hingga Tembok Besar Tiongkok, yang dinominasikan oleh negara masing-masing.



Bagikan

BERITA TERKAIT

Pidato Bung Karno di PBB 63 Tahun Lalu Diakui sebagai Memory of the World

Pidato Bung Karno di PBB 63 Tahun Lalu Diakui sebagai Memory of the World

NASIONAL
7 Daftar Warisan Dunia UNESCO Terbaru

7 Daftar Warisan Dunia UNESCO Terbaru

INTERNASIONAL
Sandiaga Uno Dukung Pengajuan Salatiga Sebagai Kota Kreatif Dunia UNESCO

Sandiaga Uno Dukung Pengajuan Salatiga Sebagai Kota Kreatif Dunia UNESCO

LIFESTYLE
Rusak Permanen Akibat Kebanjiran Turis, Venesia Direkomendasi Masuk Warisan Dunia dalam Bahaya

Rusak Permanen Akibat Kebanjiran Turis, Venesia Direkomendasi Masuk Warisan Dunia dalam Bahaya

INTERNASIONAL

BERITA TERKINI

Jelang Hari Santri 2023, NU Ingatkan Semangat Resolusi Jihad di Era Digitalisasi

NASIONAL 4 menit yang lalu
1069669

Tarif Normal LRT Jabodebek Berlaku Mulai 1 Oktober, Maksimal Rp 20.000

MEGAPOLITAN 6 menit yang lalu
1069668

Momen Rakernas IV PDIP, Sinyal Dukungan Jokowi untuk Ganjar hingga Rekomendasi Pangan

NASIONAL 11 menit yang lalu
1069667

Rumah Dinas Menteri Pertanian SYL Masih Sepi Seusai Digeledah

NASIONAL 18 menit yang lalu
1069666

Video: Geger Mayat Tanpa Wajah di Pandeglang

MULTIMEDIA 24 menit yang lalu
1069662

Elektabilitas Ganjar Naik, Mega Ingatkan Kader PDIP Jangan Terlena

BERSATU KAWAL PEMILU 53 menit yang lalu
1069661

Video: Candu Film Porno, Remaja Perkosa Tetangga Berusia 13 Tahun

MULTIMEDIA 53 menit yang lalu
1069660

Prananda Prabowo: Rakernas PDIP Perlihatkan Simbol Keberpihakan

NASIONAL 54 menit yang lalu
1069659

PDIP: Pengumuman Cawapres Ganjar Tinggal Menunggu Momentum

BERSATU KAWAL PEMILU 60 menit yang lalu
1069658

Cerita Megawati Dilarang Kuliah karena Anak Soekarno

NASIONAL 1 jam yang lalu
1069657
Loading..
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ARTIKEL TERPOPULER





Foto Update Icon
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT