Piala Asia: Sempat Tertinggal, Tiongkok Kalahkan Kirgistan

Piala Asia: Sempat Tertinggal, Tiongkok Kalahkan Kirgistan
Pemain Tiongkok melakukan selebrasi usai menjebol gawang Kirgistan di Piala Asia. ( Foto: KARIM SAHIB / AFP )
/ CAH Senin, 7 Januari 2019 | 21:07 WIB

Uni Emirat Arab - Sempat tertinggal terlebih dahulu, Timnas Tiongkok akhirnya bisa mengalahkan Kirgistan 2-1 dalam pertandingan Grup C Piala Asia 2019 di Stadion Khalifa Bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab, pada Senin malam (7/1) WIB.

Akhlidin Israilov membuka keunggulan Kirgistan pada menit ke-42, namun gol bunuh diri yang dilakukan kiper Pavel Matiash pada menit ke-50 membuat kedudukan imbang. Kemenangan Tiongkok akhirnya ditentukan lewat gol Dabao Yu pada menit ke-78.

Dengan hasil ini, untuk sementara Tiongkok memuncaki klasemen Grup C dengan tiga poin. Sedangkan Kirgistan menghuni posisi juru kunci.

Kirgistan memperlihatkan lebih banyak niat menyerang pada babak pertama dan mendapatkan ganjarannya tiga menit sebelum turun minum ketika Israilov mengemas gol impresif. Berawal dari lemparan ke dalam untuk diteruskan Mirlan Murzaev yang selanjutnya disambar dengan sepakan voli dari luar kotak penalti.

Vitalij Lux semestinya dapat menggandakan keunggulan timnya dua menit kemudian, namun sepakannya belum tepat sasaran setelah mendapat umpan terobosan dari Farhat Musabekov.

Sepakan Wu Lei melambung ke atas mistar gawang saat Tiongkok memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada awal babak kedua, namun peruntungan Tiongkok berbalik tidak lama kemudian.

Upaya Valeri Kichin untuk membuang bola dari situasi tendangan sudut mengarah lurus ke Matiash, saat ia berusaha menepis bola ke atas mistar gawang, namun justru bola terdorong masuk ke dalam gawangnya sendiri.

Wu Xi kemudian menanduk bola yang masih melambung ketika Tiongkok asuhan Marcelo Lippi terlihat mengambil kendali permainan, sebelum Wu Lei mengulangi trik dari umpan silang Liu Yang.

Gol penentu kemenangan tercipta 12 menit sebelum laga usai, ketika Matiash dengan ceroboh keluar dari gawangnya namun gagal menghalau bola. Situasi ini memudahkan Yu untuk dapat melewatinya dan memasukkan bola ke gawang yang kosong.



Sumber: ANTARA
CLOSE