Persija Jakarta Telan Kekalahan Perdana di Piala AFC

Persija Jakarta Telan Kekalahan Perdana di Piala AFC
Tim Persija Jakarta. ( Foto: ANTARA FOTO )
/ YUD Rabu, 3 April 2019 | 21:33 WIB

Bacolod, Beritasatu.com - Persija Jakarta menelan kekalahan perdananya di Piala AFC 2019 usai ditaklukkan klub asal Filipina Ceres Negros di laga Grup G, Rabu (3/4/2019).

Dikutip dari laman resmi Persija di Jakarta, Rabu, satu-satunya gol dalam laga yang berlangsung di Stadion Panaad, Bacolod, Filipina, itu dicetak oleh Bienvienido Maranon di menit kesembilan.

Hasil tersebut membuat Persija saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Grup G dengan empat poin berasal dari satu kemenangan, satu kekalahan dan satu hasil seri dari tiga laga.

Sementara Ceres Negros masih kokoh di peringkat pertama grup dengan sembilan poin, tidak pernah kalah dari tiga laga yang telah dilewati.

Dalam pertandingan kontra Ceres, pelatih Persija Ivan Kolev menurunkan para pemain terbaik yang dibawanya ke Filipina di 'starting eleven', seperti Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu dan Ismed Sofyan.

Kolev juga memainkan satu-satunya penyerang murni di skuat berjuluk Macan Kemayoran untuk laga tersebut, Bambang Pamungkas.

Sementara tuan rumah Ceres Negros diperkuat nama-nama andalan seperti Mike Ott, Bienvenido Maranon dan Stephan Schrock.

Ceres Negros menguasai pertandingan sejak awal. Mereka bahkan sudah membuat satu peluang emas pada menit kedua, di mana pergerakan Shrock menekan bek Persija pada akhirnya hampir saja membuat gol bunuh diri.

Ceres yang terus menggempur lini belakang Macan Kemayoran sukses menghadirkan gol di menit kesembilan melalui sundulan Bienvenido Maranon.

Maranon berhasil memanfaatkan umpan cungkil Martin Steuble yang mengarah ke tengah kotak penalti Persija.

Tersengat dengan gol cepat itu, Persija berupaya keras untuk memberikan balasan.

Peluang emas sempat datang di menit ke-41, tetapi Bambang Pamungkas gagal memasukkan bola hasil umpan matang Ramdani Lestaluhu ke gawang Ceres Negros.

Skor 1-0 pun bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di paruh kedua, Ceres Negros tetap menguasai jalannya laga. Hal itu membuat Persija kesulitan untuk menciptakan kesempatan menorehkan gol.

Ceres membuat beberapa kali percobaan tepat sasaran di babak kedua, dua di antaranya mengenai mistar dan tiang gawang.

Kiper Andritany Ardhiyasa berhasil menggagalkan percobaan tepat sasaran Stephan Shrock di menit ke-71 dengan kakinya.

Persija praktis tidak pernah membuat kesempatan emas di fase ini. Mereka pun kalah dengan 0-1 dari tuan rumah Ceres Negros.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Ceres Negros: Roland Muller-pg, Manuel Herrera, Carlos de Murga, Alvaro Silva, Martin Steuble (kapten), Mike Ott, Kevin Ingreso (69', Mahir Karic), Jose Porteira (78', Miguel Tanton), Omid David Nazari, Bienvenido Maranon, Stephan Schrock.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa-pg (kapten), Dany Saputra, Steven Paulle, Maman Abdurahman, Ismed Sofyan, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos (85', Fitra Ridwan), Riko Simanjuntak, Heri Susanto (66', Sandi Sute), Bambang Pamungkas (89', Ryuji Utomo).



Sumber: ANTARA