Terancam Sanksi, Messi Bisa Absen di Kualifikasi Piala Dunia Qatar

Terancam Sanksi, Messi Bisa Absen di Kualifikasi Piala Dunia Qatar
Lionel Messi. ( Foto: AFP )
Zumrotul Muslimin / ZTM Senin, 8 Juli 2019 | 19:06 WIB

Rio de Jenairo, Beritasatu.com - Lionel Messi terancam larangan bermain di sepak bola internasional selama dua tahun. Larangan itu buntut kritik Messi usai laga Argentina melawan Chile di Copa America 2019.

Dalam laga melawan Chile, Messi mendapatkan kartu merah setelah ribut dengan Gary Medel. Messi yang tak terima diusir keluar lapangan, menuding Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) sebagai lembaga korup.

Seperti dilansir oleh Mirror, CONMEBOL tengah mempertimbangkan mengambil tindakan kepada Messi. Menurut peraturan CONMEBOL, siapa pun yang menuduh federasi atau personelnya akan dikenai hukuman berat.

Jika larangan itu diterapkan, maka bintang Barcelona tersebut akan absen pada kualifikasi Piala Dunia Qatar dan Copa America 2020, di mana Argentina dan Kolombia akan menjadi tuan rumah bersama.

Dalam kritiknya, Messi menuduh CONMEBOL sebagai organisasi yang sarat korupsi. Puncaknya, Messi menolak menghadiri seremoni pemberian medali tempat ketiga karena merasa turnamen yang tidak adil.

"Perilaku korup dan kepemimpinan wasit mengganggu kesempatan penonton menikmati sepak bola dan mereka merusaknya. Copa (America) ini dirancang untuk Brasil," tandas kapten Timnas Argentina ini.

CONMEBOL menyebut kritik Leo Messi sebagai pelecehan. Federasi meminta Messi untuk bersifat sportif karena dalam sebuah turnamen akan ada yang kalah dan menang. CONMEBOL juga menyebut kesalahan wasit adalah manusiawi.

"Tuduhan itu memperlihatkan rendahnya penghormatan terhadap kompetisi, para pemain yang berlaga, serta jajaran profesional CONMEBOL, institusi yang sejak 2016 bekerja keras meningkatkan transparansi, profesionalisme dan pengembangan sepak bola Amerika Selatan," ungkap CONMEBOL.



Sumber: Mirror