Liga NOS Portugal Bergulir Kembali 4 Juni

Liga NOS Portugal Bergulir Kembali 4 Juni
Dua pemain di Liga NOS Portugal berebut bola. ( Foto: Marca.com )
Alexander Madji / AMA Rabu, 13 Mei 2020 | 09:13 WIB

Lisbon, Beritasatu.com - Liga NOS Portugal, kompetisi sepakbola tertinggi di negeri Cristiano Ronaldo itu, akan bergulir kembali mulai 4 Juni mendatang. Demikian diumumkan Federasi Sepakbol Portugal pada Selasa (12/5/2020), setelah Pemerintah Portugal menetapkan bahwa aktivitas olahraga bisa bergulir kembali mulai 30 Mei nanti.

Dalam pengumuman itu disebutkan, tanggal 4 Juni sudah disepakati bersama guna memastikan keselamatan para pemain dan wasit ketika Liga NOS bergulir kembali. Masalah keselamatan ini sudah dipertimbangkan secara matang oleh Kementerian Kesehatan Portugal.

Pengumuman ini datang hanya dua hari setelah Kementerian Kesehatan Portugal mengumumkan bahwa sebelum aktivitas sepakbola bergulir kembali, para pemain memiliki durasi yang cukup untuk persiapan sebelum kompetisi, lalu menjalani dua kali tes dalam kurun waktu 48 jam sebelum pertandingan. Pertandingan pun dijalankan dalam stadion yang tertutup serta pergerakan orang di luar stadion harus dibatasi.

Guna menghindari kerumunan pendukung di luar stadion, Liga NOS kemungkinan akan berlangsung di lapangan-lapangan yang lebih kecil. Dan, stadion-stadion ini belum diumumkan ke publik. Meski demikian, klub Santa Clara, sebuah klub dari Kepulauan Azores mengumumkan bahwa mereka akan memainkan laga sisa di Cidade do Futebol de Oeiras, di Lisbon, guna menghindari penyebaran pandemi Covid-19 di kepulauan tersebut.

Sebelum kompetisi bergulir, tim-tim Liga NOS menggelar latihan persiapan selama satu bulan. Mereka mulai menjalani latihan individu sejak pekan lalu, sambil menunggu instruksi lebih lanjut untuk masuk ke tahap berikutnya yaitu latihan bersama dalam tim.

Liga NOS masih menyisakan 10 pertandingan. Puncak klasemen sementara dikuasai FC Porto dengan 60 poin. Mereka ditempal ketat oleh Benfica di posisi kedua dengan 59 angka.