LDII Dorong Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

LDII Dorong Peningkatan Kualitas SDM Indonesia
Ketua DPP LDII Prasetyo Soenaryo (kiri) di Kantor DPP LDII di Jakarta, Senin (28/1).
Imam Suhartadi / GOR Selasa, 29 Januari 2019 | 07:51 WIB

JAKARTA- Ketua DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Prasetyo Soenaryo mengatakan, pendidikan merupakan investasi sosial. Penyiapan sumber daya manusia (SDM) yang bersumberdaya perlu disiapkan sejak dini.

Untuk itu, LDII mendorong agar masyarakat mulai digiatkan pada investasi sosial yang bertujuan menaikkan kemampuan SDM (Human Capabilities) dalam melahirkan solusi dan adaptabilitas dalam menghadapi perubahan mendadak yang serba cepat.

"Untuk itu investasi di bidang lembaga pendidikan dalam berbagai bentuknya sangat diperlukan untuk menyiapkan SDM bersumberdaya dengan mental mandiri yang siap bekerja sama," kata Prasetyo di Kantor DPP LDII, Jakarta, Senin (28/1). Dalam keterangannya, hadir juga Sekretaris Rioberto Sidauruk.

Dia mengatakan, persoalan pendidikan yang paling mendasar adalah bagaimana biayanya dapat dijangkau oleh masyarakat, sehingga seharusnya tidak ada anak Indonesia yang tidak bersekolah dengan alokasi anggaran pendidikan yang begitu besar.

Prasetyo mengatakan pemerintah telah mengalokasikan pendidikan yang begitu besar sebanyak 20 persen, karena itu alokasi anggaran ini harus tepat dalam penggunaannya.

Ia menambahkan sekarang ini istilah era industri 4.0, sementara di Jepang dalam bidang pendidikan baru saja dimunculkan istilah society 5.0. "Esensinya bagaimana teknologi dapat digunakan untuk menaikkan kesejahteraan sosial,," kata Prasetyo.

Dia menjelaskan society 5.0 di Jepang ini menumbuhkan sikap kemanusiaannya kepada peserta didik, bahwa belajar tidak terus diarahkan untuk mengejar rangking tapi juga bagaimana bisa rasa kemanusiaan pada anak didik dari mulau PAUD, taman kanak-kanak, SD, SMP dan SMA. (*)