Merah Putih Inc. Fokus Kembangkan Situs Komunitas

Merah Putih Inc. Fokus Kembangkan Situs Komunitas
Wilayah Kaesong ( Foto: atlasweb / atlasweb )
Farid Nurfaizi Kamis, 15 Agustus 2013 | 12:54 WIB

Jakarta – Perusahaan inkubator lokal, Merah Putih Inc akan fokus melanjutkan pengembangan situs berbasis komunitas, Kincir.com di tahun ini. Selan itu, perseroan juga tengah memperkuat platform perusahaan rintisan e-commerce, KrazyMarket.com

Chief Executive Officer Merah Putih Inc, Antonny Liem menegaskan, perseroan bukanlah venture capital, sejak awal berdiri di tahun 2011, perusahaan bergerak sebagai inkubator. Perbedaan paling signifikan inkubator dengan venture capital adalah faktor permodalan.

“Venture capital itu uangnya bisa dari eksternal, sementara Merah Putih pakai uang sendiri. Dan biasanya venture capital punya batas waktu kapan modal yang ditanamkan harus kembali, sementara kami tidak begitu,” jelas dia di sela gelaran penyeleksian Information and Communication Technology Award(INAICTA) 2013 di Jakarta, belum lama ini.

Sebagai inkubator, lanjut dia, perusahaan mempunyai standar dalam mencari start-up yang potensial untuk diberikan pendanaan. Dia berpendapat, pemilik start-up perlu memilki visi yang jelas, dan produk yang ditawarkan bisa menjawab kebutuhan konsumen. Selama tiga tahun berjalan, perusahaan pun kerap menghadapi sejumlah tantangan seperti kesulitan melakukan monetisasi produk.

“Saat ini monetisasi itu masil sulit, pengguna internet Indonesia memang besar, namun para konsumen belum mau bayar sesuatu, atau lebih suka jasa yang gratis. Kami sebagai inkubator, melihat perjalanan masih panjang,” jelas dia.

Antonny menerangkan, pada dasarnya perusahaan tidak memberikan batas waktu lamanya masa inkubasi para start-up. Artinya, meskipun sebuah perusahaan start-up sudah mampu menghasilkan pendapatan sendiri, perusahaan tersebut masih boleh menjadi bagian Merah Putih Inc. Namun, biasanya masa inkubasi sebuah start-up rata-rata bisa selama 18 sampai 24 bulan.

Saat ini, lanjut dia, Merah Putih Inc yang merupakan bagian dari Global Digital Prima (GDP) Venture sedang fokus melakuan modifikasi situs KrazyMarket.com. Untuk sementara waktu, perseroan menutup situs tersebut selama masa pengembangan. Rencananya, KrazyMarket.com akan mencanangkan posisinya sebagai situs yang menjual barang-barang unik ataupun koleksi. Selama tahun 2013, perseroan belum berencana membidik perusahaan e-commerce lain.

Sebagai catatan, pada Januari 2011, GDP telah melakukan pendanaan terhadap Forum Jual Beli terbesar Kaskus.com. Sementara rekanan GDP, yaitu PT Global Digital Niaga, anak perusahaan yang merupakan perpanjangan tangan dari Grup Djarum telah menghadirkan Blibli.com.

“Secara grup, Kami memang fokus di tiga e-commerce ini, karena bisnis e-commerce membutuhkan pengembangan jangka panjang. Untuk saat ini, Merah Putih akan fokus mengembangkan platform berbasis komunitas atau wadah penggemar artis Indonesia, yang baru diluncurkan pada Maret 2013, yaitu Kincir.com,” jelas dia

Hingga saat ini tercatat telah ada 114 artis yang bergabung bersama Kincir.com. Sebanyak 80 artis secara aktif melakukan berbagai kegiatan dengan penggemar melalui situs tersebut. Saat ini, Kincir.com mulai melakukan monetisasi situs dengan menjual produk seperti tiket konser ataupun merchandise para artis.

Sumber: InvestorDaily